4 Merk Obat Gatal di Apotik yang Wajib Dicoba

Untitled Design (5)

Obat gatal kulit memang diperlukan bagi Anda yang mengalami gatal secara terus-menerus. Apabila misalnya tidak berhenti, maka gatal pada kulit justru akan mengganggu aktivitas. Hanya menggaruk kulit sementara, malah ini yang akan dapat memperparah kondisi. 

Tahukah kamu bahwa penyebab gatal ini bisa terjadi karena berbagai hal. Seperti, kulit kering, alergi, gigitan serangga, penyakit kulit kronis, gangguan psikologis, bahkan samai dengan kondisi medis tertentu.

Gatal pada kulit ini pun juga bisa terjadi karena proses pemulihan kulit akibat luka bakar atau luka sayat. Kulit gatal ini pun juga bisa menyerang area tubuh tertentu ataupun seluruh tubuh. Biasanya kondisi ini kerap sekali disertai dengan munculnya gejala lain, seperti ruam kulit, kulit kering, kulit bersisik, bahkan sampai bentol-bentol. Apakah ada obat gatal di apotik yang ampuh saat digunakan?

4 Obat Gatal Kulit di Apotek

Biasanya, penggunaan obat gatal pada kulit ini ditujukan untuk membantu meringankan rasa gatal.  Obat kulit gatal ada yang diresepkan dokter, juga ada yang bisa dibeli bebas secara di apotek.  Diantaranya:

1. Antihistamin

Jika penyebab gatal yang kamu alami itu disebabkan karena alergi, maka kamu bisa cari obat gatal di apotik seperti anthistamin.  Obat ini didkethaui bekerja dengan cara menghambat produksi histamin pada kulit yang menjadi pemicu rasa gatal muncul. 

Pengobatan Dengan Antihistamine Tablet
Pengobatan Dengan Antihistamine Tablet

Ada juga beberapa obat lain yang di jual diapotik. Namun, obat tersebut bisa menyebabkan kantuk sehingga ada baiknya jika dikonsumsi saat malam hari, dan memang tidak dianjurkan untuk diminum saat akan mengendarai kendaraan atau mengoperasikan alat berat. 

Obat alergi gatal yang efek sampingnya lebih rendah dan akan menyebabkan kantuk adalah loratadine, cetirizine, fexofenadine.

2. Kortikosteroid

obat gatal di apotik berikutnya adalah kortikosteroid. Obat ini diketahui beekerja dengan menghambat peradangan dalam tubuh sekaligus akan mampu untuk menenangkan kulit gatal.  Oleh sebab itu, obat gatal paling ampuh ini mampu meringankan rasa gatal akibat alergi, dermatitis, maupun eksim. 

Obat gatal-gatal pada kulit berupa kortikosteroid pun juga tersedia dalam bentuk tablet minum dan obat oles, seperti salep atau krim hidrokortison.  Salep gatal kulit ini pun biasanya mengandung 1-2 persen hidrokortison di dalamnya. 

Meskipun demikian, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan salep gatal kulit ini. 

Lihat juga: Daftar Obat Gatal untuk Selangkangan Pria

3. Obat antigatal non kortikosteroid


Obat gatal di apotik non kortikosteroid ini pun diketahui mampu bekerja dengan meringankan rasa gatal yang ditimbulkan secara sementara.  Obat ini sudah hadir dalam bentuk krim, salep, lotion, gel, bahkan bedak. Dalam hal ini kamu bisa mendapatkannya secara bebas di apotek tanpa resep dokter. 

Penggunaan obat gatal kulit di apotek ini cpun dinilai cocok untuk meredakan rasa gatal yang di akibatkan oleh gigitan serangga atau masalah kulit sementara lainnya. 

4. Antidepresan

Antidepresan, seperti citalopram, escitalopram memang bukan obat yang dibuat khusus untuk meredakan gatal. Akan tetapi, efek yang dicari dari obat ini yaitu mampu melemahkan sensor gatal pada tubuh yang mana nantinya tubuh tidak membaca lokasi tertentu yang sebenarnya gatal.

Akna tetpai, obat gatal kulit satu ini nyatanya hanya bisa diperoleh melalui resep dokter dan penggunaannya pun juga haruslah dalam pengawasan dokter. 

Apakah saat ini kamu merasakan gatal pada kulit? Maka bisa langsung menggunakan beberapa rekomendasi merk obat yang dijelaskan tim Depkes.org diatas.

Related articles: