5 Obat Gatal di Selangkangan Pria Pilihan yang Bisa Dibeli di Apotik

Untitled Design (21)

Tahukah kamu bahwa gatal pada selangkangan ini bisa terjadi karena berbagai penyebab mulai dari infeksi bakteri, infeksi virus, maupun itu gejala awal infeksi menular seksual. Namun, iritasi atau gatal selangkangan ini paling umum terjadi akibat infeksi jamur yang menyebabkan gatal, ruam, kemerahan, yang mana tidak jarang ditemui membentuk lepuhan aktif di tepi.

Kondisi ini mungkin saja terjadi akibat gesekan, peningkatan kelembapan pada area lipatan kulit, kurangnya kebersihan pada pakaian dalam, serta adanya penumpukan jamur akibat kondisi lainnya, dimana ini tidak boleh di anggap spele.

Bahkan kondisi ini pun bisa menular pada orang lain melalui pakaian dan handuk yang digunakan bersamaan atau kontak fisik secara langsung. Lalu adakah obat gatal selangkangan di apotik yang efektif?

Obat Gatal Selangkangan dalam Bentuk Salep

Gatal kulit selangkangan sangat mengganggu dengan gejala ruam, atau bahkan lecet. Cek beberapa obat gatal selangkangan di apotik dalam bentuk salep yang efektif di pakai banyak orang.

1. Zoralin

Obat salep pertama yang bisa di gunakan untuk mengatasi rasa gatal akibat iritasi di selangkangan adalah Zoralin. Obat gatal selangkangan di apotik Zoralin ini diketahui mengandung zat aktif Ketoconazole 2% yang mana dapat mengobati infeksi yang disebabkan oleh jamur.

Bukan hanya untuk mengobati rasa gatal pada kulit selangkangan, namun obat ini umumnya digunakan juga sebagai obat kurap, panu, kutu air, dan infeksi jamur lainnya. Cukup gunakan obat ini sesuai dosis yang dianjurkan, yaitu 1-2 kali sehari yang dioleskan pada bagian kulit yang mengalami gatal dan terinfeksi.

2. Miconazole Nitrate Krim

Produk ini juga diketahui mampu mengobati infeksi jamur pada kulit termasuk infeksi pada kulit selangkangan. Obat ini bekerja dengan cara mencegah perkembangan jamur sehingga infeksi tidak akan berlanjut lagi. Cara pakainya yaitu cukup dengan oleskan secara merata 2 kali sehari pada kulit yang terinfeksi. Dan gunakan selama 2-4 minggu.

3. Mycoral

Obat gatal selangkangan di apotik lainnya yaitu Mycoral yang mengandung ketoconazole 2% sebagai bahan aktif untuk mengatasi infeksi jamur pada area selangkangan dan area lipatan kulit yang kerap sekali lembap lainnya.

biasanya, obat ini juga digunakan untuk mengatasi infeksi jamur lainnya seperti infeksi dermatofit pada kulit dan kuku, serta infeksi jamur Candidiasis penyebab sariawan. Cukup oleskan pada kulit yang terinfeksi 1-2 kali sehari dan jangan menggunakannya secara berlebih.

4. Daktarin

Daktarin Krim Anti Jamur
Daktarin Krim Anti Jamur (Sumber: Sqin Beauty Tokopedia)

Daktarin ini adalah krim antijamur dengan kandungan bahan aktif Miconazole Nitrate 2% yang sangta ampuh untuk mengobati berbagai penyakit kulit, bercak putih, atau kemerahan pada kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur dan bakteri gram positif.

Bukan hanya dalam bentuk krim, daktarin ini pun juga tersedia dalam bentuk powder. Obat ini bisa kamu gunakan pada bagian kulit yang terinfeksi sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan.

5. Ketoconazole Krim

Bukan hanya mampu mengatasi kutu, kurap, dan panu, bahan aktif ketoconazole dalam sediaan krim ini pun juga dapat mengatasi masalah kulit lainnya seperti kandidiasis (infeksi jamur) pada area vagina. Salep ini bahkan bekerja dengan cara menghentikan dan mencegah pertumbuhan jamur pada bagian yang terinfeksi.

Semua obat yang sudah di jelaskan tim Depkes.org diatas ini bisa kamu beli di apotik tanpa memerlukan resep dokter. Namun jangan lupa, untuk pemakaiannya tetap harus menyesuaikan dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Related articles: