Apa Itu Naturopathy Pengobatan dengan Bahan Alami

Naturopathy

Istilah naturopathy mungkin terdengar asing bagi Anda. Namun, nyatanya naturopathy ternyata memiliki kaitan dengan pengobatan tradisional yang banyak terjadi di masyarakat.

Arti naturopathy dalam kesehatan dapat dikaitkan dengan teknik pengobatan yang memanfaatkan penggunaan bahan alami. Naturopathy banyak diminati oleh masyarakat di samping melakukan pengobatan medis. Lalu bagaimana cara kerja naturopathy dan manfaatnya bagi kesehatan? Simak informasi lengkapnya dalam artikel ini.

Apa Itu Naturopathy?

Naturopathy
Naturopathy

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, arti naturopathy dalam kesehatan dapat diartikan sebagai bentuk pengobatan yang menggabungkan pengobatan medis dengan metode tradisional. Dalam naturopathy, dilakukan pemeriksaan penyebab dari suatu penyakit serta mendukung kemampuan tubuh pasien untuk menyembuhkan dirinya sendiri secara menyeluruh.

Naturopathy menggunakan sistem pendekatan holistik dalam proses penyembuhan pasien. Artinya melakukan pengobatan pada fisik dan psikologis pasien. Dalam naturopathy, Anda akan menemukan banyak jenis terapi yang dilakukan seperti herbal, pijat, akupuntur, olahraga, hingga konseling dan edukasi nutrisi.

Naturopathy sendiri ternyata juga diakui dalam dunia medis. Dalam naturopathy seorang dokter naturopathy dan praktisi naturopathy juga mempelajari beberapa hal dalam dunia kedokteran. Seperti misalnya mempelajari ilmu biomedis, diagnostik, tubuh manusia dan sistem kerjanya.

Cara Kerja Naturopathy

Sama halnya dengan pengobatan medis, dalam naturopathy penentuan diagnosa suatu penyakit juga dilakukan dalam beberapa tahapan. Seorang dokter naturopathy akan mengidentifikasi penyakit seorang pasien dengan menanyakan seputar riwayat kesehatan, tingkat stres, pola hidup, hingga perawatan konvensional yang pernah dilakukan.

Kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan pasien lewat kuku dan lidah untuk memperoleh gambaran kesehatan pasien. Bahkan terkadang diperlukan juga pemeriksaan laboratorium, seperti rambut, feses, dan darah untuk mengetahui lebih detail kondisi kesehatan pasien.

Setelah itu, dokter naturopathy akan menentukan diagnosa penyakit yang dialami pasien dan juga menentukan jenis terapi apa yang perlu diterapkan kepada pasien tersebut. Terapi yang dimaksud dapat berupa anjuran merubah pola makan, gaya hidup, olahraga, manajemen stres, penggunaan herbal, hingga akupuntur.

Manfaat Naturopathy

Sebagai sebuah cabang ilmu kedokteran yang legal, naturopathy juga bisa Anda coba sebagai salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit yang mungkin Anda miliki. Jika Anda telah berusaha melakukan pengobatan medis, tak ada salahnya Anda mencoba pengobatan naturopathy ini.

Hidup Sehat Dengan Pengobatan Alami Ala Naturopati
Hidup Sehat Dengan Pengobatan Alami Ala Naturopati

Naturopathy juga kini semakin diminati oleh pasien yang ingin memperoleh kesembuhannya dan merasa pengobatan yang sebelumnya dilakukan kurang begitu efektif. Dengan melakukan pengobatan naturopathy, penyakit seperti kardiovaskular, diabetes tipe 2, sindrom ovarium, hingga depresi diklaim dapat disembuhkan.

Selain itu, terapi akupuntur dalam pengobatan naturopathy ini dapat efektif mengurangi muntah dan mual yang dialami oleh pasien. Dalam pengobatan naturopathy juga kerap menggunakan aromaterapi dan musik yang dapat mengurangi rasa sakit, kecemasan dan stres pada pasien.

Penyakit yang Membutuhkan Naturopathy

Naturopathy ternyata tidak hanya digunakan untuk mengobati suatu penyakit. Namun, naturopathy juga bisa Anda gunakan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Penggunaan metode naturopathy ini jika dilakukan pada orang sehat maka dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mencegah penyakit.

Selain itu, ada beberapa penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan metode naturopathy ini. Penyakit berat seperti kanker, penyakit jantung, atau penyakit lain yang membutuhkan operasi besar tidak bisa disembuhkan dengan naturopathy.

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan metode naturopathy, diantaranya sebagai berikut.

  • Alergi
  • Sakit kepala
  • Masalah pencernaan
  • Masalah kesuburan
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Obesitas
  • Nyeri muskuloskeletal
  • Penyakit kardiovaskuler
  • Diabetes tipe 2
  • Depresi dan kecemasan 
  • Sindrom kelelahan kronis

Demikian informasi tentang arti naturopathy dalam kesehatan. Jika Anda tertarik untuk melakukan metode pengobatan ini, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu, agar Anda bisa mendapatkan saran yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Related articles: