Biaya Operasi Ablasio Retina BPJS dan Syaratnya

biaya operasi ablasio retina BPJS

Ada banyak tindakan operasi yang seluruh biayanya ditanggung oleh BPJS, salah satunya adalah operasi lasik mata. Lalu, bagaimana dengan biaya operasi ablasio retina BPJS? Apakah biayanya bisa di cover oleh BPJS Kesehatan? Berikut informasinya.

Ketika seseorang mengalami ablasio retina, maka fungsi penglihatan akan terganggu. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, maka bisa menyebabkan kebutaan permanen, hal ini akibat dari terlepasnya retina dari bagian belakang bola mata.

Bagi Anda yang ingin mengetahui besaran biaya operasi ablasio retina BPJS, apakah seluruh biaya tindakan operasi dan pasca operasi bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan ? Ketahui informasi selengkapnya di bawah ini yang mungkin bisa membantu.

Sekilas Tentang Ablasio Retina

Ablasio retina adalah kondisi dimana retina di belakang mata terlepas dari pembuluh darah yang membawa nutrisi dan oksigen. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, namun lebih seringnya terjadi pada orang yang sudah berusia diatas 50 tahun.

Retina adalah lapisan tipis yang berada di bagian belakang mata, berfungsi untuk memproses cahaya yang masuk ke dalam mata, cahaya yang ditangkap mata ini kemudian diteruskan ke otak dan akan menerjemahkannya menjadi gambar.

Ketika retina terlepas dari posisi aslinya, maka akan menyebabkan fungsi penglihatan menjadi terganggu. Gangguan penglihatan ini dapat terjadi sebagian atau seluruhnya, tergantung dari seberapa besar bagian retina mata yang terlepas itu.

Faktor Penyebab Ablasio Retina

Terjadinya ablasio retina tentunya bukan tanpa sebab, ada beberapa penyebab yang dapat membuat retina mata terlepas, diantaranya seperti perdagangan, katarak, glaukoma, luka pada mata, dan komplikasi setelah menjalani operasi mata.

Ablasio retina tidak menimbulkan rasa sakit, namun hilangnya penglihatan dapat secara tiba-tiba dengan didahului gejala seperti penglihatan kabur, lapang pandang menyempit, muncul bercak hitam melayang dan kilatan cahaya pada penglihatan.

Ablasio retina tidak boleh dianggap sepele karena kondisi ini tergolong darurat, sehingga membutuhkan penanganan segera. Salah satu prosedur medis untuk kondisi ablasio retina bisa dengan tindakan operasi. Lalu, berapa biaya operasi mata ini?

Biaya Operasi Ablasio Retina Pakai BPJS

Retinal Detachment
Retinal Detachment

Adapun biaya operasi ablasio retina di rumah sakit bervariasi, kisaran biayanya mulai dari Rp 3.000.000 hingga Rp 60.000.000, biayanya tergantung dari jenis penanganannya. Biaya operasi ablasio retina memang tidak murah butuh biaya yang besar.

Sementara itu, biaya operasi ablasio retina BPJS bisa ditanggung oleh pemerintah melalui program Jaminan Kesehatan Nasional. Seluruh biaya mulai dari pemeriksaan, tindakan operasi, obat-obatan dan perawatan bisa ditanggung BPJS Kesehatan.

Kendari demikian, pasien harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku dalam penggunaan kartu BPJS untuk berobat, serta yang paling penting pasien harus mengikuti prosedur pengobatan agar biayanya bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Syarat Operasi Ablasio Retina Pakai BPJS

Ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan pasien sebelum menjalani pemeriksaan dan tindakan operasi ablasio retina, agar BPJS bisa menanggung seluruh biaya operasi termasuk biaya obat-obatan dan tarif kamar rawat jika diperlukan.

Adapun syarat yang harus dipersiapkan adalah kartu BPJS atau JKN-KIS yang masih aktif dan tidak menunggak iuran, surat rujukan dari faskes tingkat pertama dalam hal ini puskesmas atau klinik, serta  kartu pasien yang didapatkan dari rumah sakit rujukan.

Demikian informasi Depkes.org seputar biaya operasi ablasio retina BPJS yang sepenuhnya ditanggung oleh JKN-KIS, sehingga pasien bisa fokus mempersiapkan diri untuk menjalani operasi dan fokus terhadap penyembuhannya. Semoga bermanfaat.