Biaya Operasi ACL Dengan BPJS dan Syaratnya

Biaya Operasi Lutut Acl Dengan Bpjs

Pada dasarnya, biaya operasi ACL dengan BPJS sangat membantu dalam meringankan beban pasien secara ekonomi. Sebab, biaya operasi ini diketahui memang tidak murah ketika pengobatannya dilakukan secara mandiri di rumah sakit. 

Perlu diketahui, biaya operasi ACL cukup mahal jika tanpa BPJS atau JKN-KIS. Adapun besaran biaya operasi ligamen lutut ini di rumah sakit Indonesia sangat bervariasi, biayanya tergantung dari tingkat keparahan dan risiko pembedahannya. 

Maka dari itu, jika Anda merupakan peserta BPJS Kesehatan, maka bisa memanfaatkan kartu BPJS atau JKN-KIS yang dimiliki untuk menjalani tindakan operasi ACL di rumah sakit rujukan. Lalu, berapa besaran biaya operasi ACL dengan BPJS Kesehatan?

Sekilas Tentang Operasi ACL

Operasi ACL (Anterior Cruciate Ligament) adalah prosedur medis untuk merekonstruksi mengganti ligamen lutut yang cedera atau sobek. Selama operasi, ligamen yang robek diganti dengan pita jaringan yang menghubungkan otot ke tulang atau tendon. 

Sebelum menjalani tindakan operasi, dokter akan memeriksa kondisi pasien, pemeriksaan ini diperlukan untuk menilai fungsi keseluruhan dan berbagai gerakan sendi lutut. Jika kondisinya parah, dokter akan menganjurkan pasien untuk menjalani operasi.

Jika Anda berencana menjalani operasi ACL atau ligamen lutut, maka sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu biaya operasi ini jika memang ingin menggunakan BPJS. Apakah seluruh biayanya ditanggung BPJS atau tidak? Yuk, cari tahu informasinya dibawah ini!

Image 5

Biaya Operasi ACL Pakai BPJS

Adapun biaya operasi ACL dengan BPJS seluruhnya visa ditanggung oleh pemerintah, sehingga pasien tidak perlu membayar biaya mulai dari pemeriksaan hingga tahap tindakan operasi, bahkan biaya perawatan dan obat pun bisa ditanggung BPJS.

Meskipun demikian, pasien harus mengikuti prosedur dan memenuhi persyaratan yang berlaku, agar seluruh biaya operasi ACL sepenuhnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Persyaratannya pun mudah dan prosedur operasi ACL pakai BPJS tidak ribet.

Adapun prosedur dan persyaratan yang diterapkan demi kelancaran penyelenggaraan BPJS Kesehatan, kendati masih banyak yang belum paham menggunakan BPJS kesehatan untuk berobat atau operasi. Yuk, cari tahu prosedur dan syaratnya dibawah ini!

Syarat Operasi ACL Pakai BPJS

Untuk prosedur menggunakan BPJS Kesehatan, dimana pasien harus terlebih dahulu melakukan pemeriksaan di faskes tingkat pertama (puskesmas), kemudian dokter akan membuat surat rujukan untuk dibawa ke faskes tingkat lanjutan (rumah sakit). 

Setelah itu, di faskes tingkat lanjutan akan kembali diperiksa dan mendapatkan penanganan dari dokter spesialis jika harus menjalani operasi. Agar biaya operasi ACL ditanggung BPJS Kesehatan, maka pasien harus memenuhi syarat sebagai berikut: 

  1. Terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan atau JKN-KOS
  2. Surat rujukan dokter faskes tingkat I (puskesmas atau klinik)
  3. Kartu pasien yang didapatkan dari rumah sakit rujukan

Demikian informasi mengenai biaya operasi ACL dengan BPJS beserta prosedur dan syarat yang harus dipenuhi, sehingga biaya operasi ligamen lutut ini seluruhnya visa ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Semoga informasinya bermanfaat.

Referensi terkait:

×