Biaya Operasi Amandel BPJS Kesehatan dan Prosedurnya

biaya operasi amandel BPJS

Operasi amandel atau tonsilektomi adalah prosedur operasi yang bertujuan untuk mengangkat amandel, biasanya hal ini dilakukan jika amandel terus menerus meradang dan mengganggu aktivitas. Lalu, berapa biaya operasi amandel BPJS Kesehatan?

Amandel sendiri berfungsi untuk menangkap bakteri atau virus yang masuk ke dalam mulut atau hidung saat bernafas, sekaligus sebagai sistem imun yang dapat membunuh kuman sehingga tenggorokan dan paru-paru terhindar dari infeksi.

Ketika amandel mengalami inflamasi, kemungkinan besar akan mengalami peradangan, tenggorokan akan terasa nyeri saat menelan, dan tubuh terasa demam. Jika radang amandel parah, maka harus menjalani prosedur medis seperti operasi.

Berapa Biaya Operasi Amandel Pakai BPJS?

Operasi amandel merupakan jenis operasi yang termasuk daftar operasi yang biayanya ditanggung pemerintah melalui program BPJS. Maka dari itu, biaya operasi amandel BPJS sepenuhnya gratis jika memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh pasien, ketika ingin operasi amandel dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan atau JKN-KIS adalah sebagai berikut: 

  1. BPJS masih aktif dan iurannya tidak menunggak
  2. Amandel sangat besar sehingga perlu tindakan operasi
  3. Amandel mengganggu pernafasan dan terasa sesak
  4. Kesulitan menelan makanan dan berbicara
  5. Amandel tidak kunjung membaik dengan obat-obatan 
biaya operasi amandel BPJS

Pada dasarnya, semua tindakan operasi amandel atau obat yang diberikan pada pasien bisa ditanggung BPJS, kecuali jika obat amandel kosong sehingga perlu membeli ke apotek menggunakan biaya pribadi atau diluar tanggungan BPJS Kesehatan.

Prosedur Operasi Amandel Ditanggung BPJS 

Meskipun biaya operasi amandel BPJS Kesehatan bisa ditanggung pemerintah, namun pasien harus mengikuti prosedur sesuai aturan yang berlaku, sehingga bisa mendapatkan jaminan penuh dari BPJS Kesehatan. Berikut prosedur yang perlu diikuti: 

  1. Pastikan melakukan pemeriksaan dan pengobatan di faskes tingkat I seperti di puskesmas, klinik atau rumah sakit sesuai daftar BPJS Kesehatan
  2. Dokter faskes tingkat I nantinya akan merilis surat rujukan dari hasil pemeriksaan atau diagnosa amandel jika memang diperlukan tindak operasi
  3. Dokter faskes tingkat I membuat rujukan jika amandel di diagnosa perlu menjalani tindakan operasi ke bagian spesialis di rumah sakit rujukan
  4. Surat rujukan yang dibuat berguna untuk skrining lanjutan untuk memantau kondisi pasien saat ditangani oleh dokter spesialis di rumah sakit
  5. Jika kondisi pasien memang memungkinkan menjalani prosedur medis berupa operasi, maka dokter spesialis akan membuat jadwal operasi

Itulah beberapa prosedur yang harus diikuti pasien jika ingin operasi amandel pakai BPJS Kesehatan, terpenting pastikan kartu BPJS dalam kondisi aktif dan tidak ada tunggakan iuran sehingga bisa digunakan untuk mendapatkan jaminan kesehatan.

Jika masih ada informasi yang kurang dimengerti, maka bisa tanyakan langsung ke pihak faskes tingkat I tentang prosedur dan biaya operasi amandel BPJS Kesehatan, termasuk membuat surat rujukannya. Semoga membantu dan bermanfaat.