Biaya Operasi Bibir Sumbing BPJS dan Syaratnya

Biaya Operasi Bibir Sumbing Bpjs

Bagi Anda atau ada anggota keluarga yang berencana menjalani operasi bibir sumbing, maka penting mengetahui biaya penanganan medis ini. Apakah biaya operasi bibir sumbing BPJS bisa ditanggung oleh program JKN-KIS? Berikut informasinya.

Mahalnya biaya operasi bibir sumbing memang sangat menyulitkan bagi beberapa kalangan sehingga mereka lebih memilih tidak melakukan tindakan operasi, padahal kondisi ini harus ditangani agar penderitanya tidak lagi kesulitan dalam berbicara.

Jika biaya operasi bibir sumbing secara mandiri sangat mahal, apakah biaya operasi bibir sumbing BPJS bisa digratiskan? Informasi seperti inilah yang wajib diketahui masyarakat, agar penderitanya bisa segera mendapatkan penanganan di rumah sakit.

Sekilas Tentang Bibir Sumbing

Bibir sumbing adalah kelainan bawaan yang ditandai dengan adanya celah pada bibir, dimana celah ini bisa muncul di bagian tengah, di bagian kiri atau kanan bibir. Kondisi ini biasanya disertai dengan munculnya celah di langit-langit mulut.

Adapun ciri bibir sumbing yang paling umum terjadi, yaitu muncul celah yang membelah bibir bagian atas dan sampai ke hidung. Kondisi ini bisa terjadi karena jaringan yang membentuk bibir dan langit-langit mulut tidak menyatu dengan sempurna.

Ketika mengalami kondisi bibir sumbing, sebaiknya periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan, sehingga penderitanya dapat berbicara dan menelan makanan dengan normal. Lantas, apa yang menyebabkan munculnya bibir sumbing?

Ilustrasi Bibir Sumbing
Ilustrasi Bibir Sumbing

Penyebab Bibir Sumbing

Penyebab bibir sumbing belum diketahui pasti, namun hal ini diduga berkaitan dengan faktor genetik dan gaya hidup. Keluarga dengan riwayat bibir sumbing lebih berisiko melahirkan bayi dengan bibir sumbing. Adapun faktor lainnya sebagai berikut: 

  1. Mengkonsumsi alkohol pada saat hamil
  2. Selama hamil terpapar asap rokok
  3. Menderita obesitas pada saat hamil
  4. Menderita diabetes pada saat hamil
  5. Ibu hamil kekurangan asam folat
  6. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  7. Gaya hidup yang tidak sehat

Sementara itu, tanda bibir sumbing yang umum terjadi diketahui dari celah di bibir bagian atas atau langit-langit mulut di salah satu sisi atau kedua sisi, terjadi adanya perubahan bentuk pada hidung akibat celah yang terbentuk di bibir atau langit-langit mulut.

Biaya Operasi Bibir Sumbing Pakai BPJS

Penderita bibir sumbing tidak menjalani operasi biasanya karena twrganjal biayayang mahal, adapun kisaran biaya operasi di rumah sakit mulai dari Rp 4,9 juta hingga Rp 47 jutaan. Biaya ini belum termasuk biaya perawatan pasca operasi dan lainnya.

Kini tidak perlu khawatir lagi soal biaya. Sebab, BPJS Kesehatan bisa menanggung biaya operasi bibir sumbing mulai dari pemeriksaan hingga perawatan. Artinya, seluruh biaya operasi bibir sumbing BPJS bisa dijamin oleh program JKN-KIS.

Operasi bibir sumbing menggunakan BPJS Kesehatan memungkinkan pasien mendapatkan tindakan operasi gratis. Namun, pasien harus memenuhi syarat dan prosedur yang berlaku agar seluruh biaya dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Syarat Operasi Bibir Sumbing Pakai BPJS

Untuk mendapatkan manfaat dari BPJS Kesehatan, dimana seluruh biaya operasi bibir sumbing bisa dijamin oleh JKN-KIS. Pasien cukup mengikuti prosedur penggunaan kartu BPJS untuk berobat dan memenuhi persyaratan yang berlaku.

Adapun persyaratan yang perlu disiapkan, yaitu kartu BPJS atau JKN-KIS masih aktif, melakukan pemeriksaan di puskesmas dan meminta surat rujukan untuk operasi di rumah sakit, serta kartu pasien untuk menjalani operasi di rumah sakit sesuai jadwal.

Itulah informasi Depkes.org mengenai biaya operasi bibir sumbing BPJS yang bisa ditanggung oleh JKN-KIS, sehingga tidak perlu membayar biaya apapun. Untuk informasi lengkapnya, silahkan bisa menanyakan langsung ke petugas terkait. Semoga membantu.