Biaya Operasi Impaksi Gigi BPJS dan Syaratnya

biaya operasi impaksi gigi

Ketika mengalami masalah Impaksi gigi, sebaiknya cepat diperiksakan karena bisa menyebabkan gigi rusak, penyakit gusi dan sakit gigi. Jika harus melalui tindakan operasi, berapa biaya operasi impaksi gigi BPJS Kesehatan? Apakah bisa ditanggung BPJS?

Impaksi gigi cukup sering terjadi, kebanyakan masalah ini tidak disertai rasa nyeri dan keluhan. Namun, ketika gigi bungsu atau gigi geraham tumbuh menyamping dan tidak muncul dari permukaan gusi, rasa nyeri atau keluhan lainnya mungkin dirasakan.

Jika kondisi impaksi gigi menimbulkan dampak buruk bagi gigi lainnya, biasanya perlu tindakan cabut gigi atau operasi gigi bungsu. Sebelum membahas biaya operasi impaksi gigi BPJS Kesehatan, mari ketahui terlebih dahulu tentang impaksi gigi berikut ini.

Apa itu Impaksi Gigi?

Impaksi gigi adalah suatu kondisi ketika gigi terjebak di dalam gusi sehingga pertumbuhannya tidak sempurna, kondisi ini terjadi karena tidak ada ruang yang cukup untuk tumbuh dan keluar dari gusi, biasanya terjadi pada gigi bungsu orang dewasa. 

Ada beberapa penyebab terjadi impaksi gigi, seperti rahang terlalu kecil sehingga tidak ada cukup ruang untuk gigi tumbuh, gigi miring ketika berusaha tumbuh, dan gigi tumbuh dalam posisi yang tidak beraturan sehingga menghalangi gigi bungsu.

Jika impaksi gigi menyebabkan keluhan yang membuat rasa nyeri dan tidak nyaman, maka perlu penangan dan tindakan operasi atau cabut gigi bungsu oleh dokter yang ahli di bidangnya atau di rumah sakit spesialis yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

biaya operasi impaksi gigi

Berapa Biaya Operasi Impaksi Gigi BPJS?

Adapun biaya operasi impaksi gigi BPJS sepenuhnya gratis, pasien yang akan menjalani cabut gigi bungsu di rumah sakit rujjkan dengan kartu JKN-KIS tidak perlu membayar biaya apapun, asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pada dasarnya, BPJS Kesehatan bisa menanggung semua biaya operasi selama pasien mengikuti prosedur dan melengkapi administrasi, maka biaya operasi akan ditanggung BPJS selama masa pemeriksaan hingga pasca operasi atau perawatan.

Terpenting pasien sudah mendapatkan persetujuan dan rujukan dari dokter di faskes tingkat pertama, sehingga nantinya akan menjalani tindakan operasi di tingkat lanjutan yang ditangani oleh dokter spesialis di rumah sakit sesuai rujukan.

Syarat Operasi Impaksi Gigi Pakai BPJS

Adapun syarat untuk mendapatkan pembebasan biaya operasi dengan BPJS Kesehatan, yaitu pasien harus memiliki kartu BPJS atau JKN-KIS, memiliki surat rujukan dari dokter di puskesmas, dan memiliki kartu pasien yang didapatkan dari rumah sakit rujukan.

Setelah memenuhi syarat, selanjutnya pasien akan dibukakan jadwal operasi oleh dokter spesialis di rumah sakit. Seluruh biaya operasi impaksi gigi BPJS Kesehatan dipastikan gratis, sehingga pasien tidak perlu terbebani masalah biaya.

Demikian informasi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat bagi yang ingin melakukan tindakan operasi impaksi gigi atau cabut gigi bungsu dengan menggunakan kartu BPJS atau JKN-KIS. Semoga lekas sembuh dan pastinya selalu jaga kesehatan.