Biaya Operasi Kalazion Pakai BPJS dan Syaratnya

biaya operasi Kalazion pakai BPJS

Ketika Anda mengalami Kalazion dan memerlukan tindakan operasi, maka harus menyiapkan biaya yang dibutuhkan untuk menghilangkan benjolan di kelopak mata ini. Lantas, berapa kisaran biaya operasi Kalazion pakai BPJS? Berikut informasinya.

Perlu diketahui, Kalazion sebenarnya berbeda dengan bintitan yang mungkin kerap dialami seseorang. Kalazion ukurannya bisa lebih besar dan letaknya pun di dalam, sementara bintitan muncul karena dampak dari adanya penyumbatan kelenjar di bulu mata.

Bagi yang ingin menghilangkan Kalazion dengan tindakan operasi, namun terhambat oleh biaya. Berikut ini terdapat informasi tentang biaya operasi Kalazion pakai BPJS, apakah seluruh biaya operasi bisa ditanggung oleh program JKN-KIS atau tidak? 

Sekilas Tentang Kalazion

Kalazion adalah kondisi terjadi pembengkakkan yang menimbulkan benjolan di kelopak mata akibat penyumbatan kelenjar meibom. Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi minyak (sebum) yang dibutuhkan untuk melindungi dan melembabkan mata.

Pada saat kelenjar meibom mengalami penyumbatan, maka akibatnya minyak akan menumpuk dan menimbulkan benjolan berisi cairan di kelopak mata. Secara sekilas memang terlihat seperti bintitan, padahal Kalazion bukanlah bintitan yang kerap diduga.

Bintitan biasanya benjolan terasa nyeri dan berwarna merah, serta umumnya tumbuh lebih dekat ke permukaan kelopak mata atau di bagian dalam kelopak mata. Sementara Kalazion tidak terasa nyeri dan dapat tumbuh lambat seukuran kacang polong.

Image 10

Kenali Penyebab Kalazion 

Adapun penyebab utama Kalazion adalah terjadinya peradangan pada kelenjar meibom di kelopak mata, peradangan ini akan menyumbat minyak dan muncul benjolan di kelopak mata. Adapun faktor yang bisa meningkatkan resiko Kalazion, yaitu diantaranya: 

  1. Penyakit kulit dermatitis seboroik atau rosacea
  2. Blefaritis kronis atau radang kelopak mata
  3. Seseorang menderita penyakit tuberkulosis
  4. Mengidap penyakit kronis seperti diabetes
  5. Pernah mengalami Kalazion sebelumnya

Adapun gejala kalazion dapat ditandai dengan ciri-ciri, seperti terjadi bengkak pada kelopak mata, benjolan kecil pada kelopak mata, mata terasa ada yang mengganjal, terjadi iritasi mata ringan, penglihatan kabur ketika benjolan cukup besar, dan mata berair.

Biaya Operasi Kalazion dengan BPJS

Jika Kalazion sudah sangat mengganggu dan menimbulkan rasa nyeri, maka periksakan ke dokter mata. Ketika harus menjalani operasi, biaya operasi Kalazion di rumah sakit sekitar Rp 300 ribu hingga jutaan rupiah, belum termasuk biaya-biaya lainnya.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan keringanan bahkan pembebasan biaya mulai dari biaya pemeriksaan, biaya kontrol, tindakan operasi, biaya obat-obatan dan perawatannya. Maka Anda bisa gunakan kartu BPJS ketika hendak menjalani operasi Kalazion. 

Meskipun biaya operasi Kalazion pakai BPJS bisa ditanggung oleh pemerintah melalui program JKN-KIS, namun pasien harus memenuhi syarat dan menyelesaikan prosedur yang berlaku, mulai dari tahap pendaftaran, pemeriksaan hingga tahap operasi.

Syarat Operasi Kalazion dengan BPJS

Adapun syarat agar biaya operasi Kalazion ditanggung BPJS, yaitu pasien memiliki kartu BPJS atau JKN-KIS masih aktif, surat rujukan dari puskesmas atau faskes tingkat pertama, dan kartu pasien yang dapat diperoleh dari rumah sakit rujukan operasi.

Setelah semua persyaratan yang terpenuhi, selanjutnya pasien bisa menjalani tindakan operasi sesuai dengan rujukan dan jadwal dari dokter. Seluruh biaya mulai dari pemeriksaan, konsultasi dokter, tindakan operasi, obat-obatan bisa dijamin oleh BPJS.

Jika ada informasi kurang jelas, silahkan bisa menanyakan kepada pihak atau petugas terkait. Namun, untuk biaya operasi Kalazion pakai BPJS dipastikan gratis karena termasuk dalam daftar jenis operasi mata yang biayanya bisa ditanggung oleh JKN-KIS.