Biaya Operasi Laser Prostat dengan BPJS dan Syaratnya

Biaya Operasi Laser Prostat Dengan Bpjs

Apakah biaya operasi laser prostat dengan BPJS gratis? Umumnya, biaya pengangkatan prostat di rumah sakit bervariasi tergantung dari jenis penanganannya. Hal ini penting untuk diketahui para penderita, mengingat biaya operasi prostat tidak murah.

Operasi prostat merupakan penangan medis yang umum dilakukan untuk menyembuhkan pembesaran prostat. Prosedur medis ini kini bisa menggunakan laser, nantinya akan menghilangkan sebagian atau seluruh bagian prostat yang membengkak.

Operasi prostat menggunakan laser dianggap lebih efektif dan proses penyembuhan pasien menjadi lebih cepat. Lalu, berapa biaya operasi laser prostat dengan BPJS Kesehatan? Apakah seluruh biaya operasi prostat bisa ditanggung oleh program JKN-KIS? 

Sekilas Tentang Prostat

Prostat adalah kelenjar kecil yang posisinya terletak di bagian rongga pinggil telatnya berada di bawah kandung kemih. Kelenjar prostat berfungsi sebagai penghasil semen atau cairan prostat, yaitu cairan yang dikeluarkan bersama sperma saat ejakulasi. 

Ada tiga jenis penyakit prostat yang dapat dialami oleh pria, yaitu prostatitis, pembesaran prostat, dan kanker prostat. Pria usia 50 – 60 tahun rentan terkena kanker dan pembesaran prostat, sedangkan prostatitis bisa menyerang di usia lebih muda.

Operasi prostat adalah prosedur medis yang dapat dilakukan untuk mengangkat seluruh atau sebagian kelenjar prostat yang mengalami peradangan, salah satu cara penanganan medis atau operasi prostat agar sembuh bisa dengan menggunakan laser.

Faktor Penyebab Penyakit Prostat

Pembesaran prostat merupakan kondisi umum yang dialami oleh pria seiring bertambahnya usia. Berdasarkan informasi, sekitar 15 persen pria berusia 40 tahunan alami penyakit ini. Angka lebih tinggi terjadi pada pria yang telah berusia 50 tahun ke atas.

Adapun faktor penyebab yang dapat meningkatkan resiko penyakit prostat, yaitu faktor bertambahnya usia, konsumsi makanan kurang serat, mengalami obesitas, paparan bahan kimia, memiliki keluarga dengan penyakit prostat, dan sebagainya. 

Sementara itu, gejala penyakit prostat tahap awal tidak timbul gejala. Seiring membesarnya kelenjar prostat akan terjadi gangguan buang air kecil, seperti aliran urin tersendat-sendat, perih saat buang air kecil, dan kesulitan saat memulai buang air kecil.

Biaya Operasi Laser Prostat Pakai BPJS

Biaya operasi prostat menggunakan metode laser di tiap rumah sakit bervariasi, adapun kisaran biayanya mulai dari Rp 3.500.000 hingga Rp 40.000.000. Perkiraan biaya ini belum termasuk biaya obat-obatan, konsultasi dokter spesialis dan kamar rawat.

Jika ingin mendapatkan keringanan atau bahkan pembebasan biaya operasi, maka Anda bisa menggunakan kartu BPJS. Seluruh biaya operasi laser prostat dengan BPJS bisa ditanggung oleh pemerintah melalui program Jaminan Kesehatan Nasional.

Tentunya untuk merasakan manfaat kepesertaan BPJS Kesehatan untuk menjalani tindakan operasi, pasien harus memenuhi persyaratan dan prosedur yang berlaku. Tujuannya agar tertib administrasi dan tercatat sebagai penerima manfaat BPJS kesehatan.

Syarat Operasi Laser Prostat Pakai BPJS

BPJS Kesehatan dapat menanggung seluruh biaya operasi termasuk penyakit prostat, hal ini sebagai upaya untuk memberikan jaminan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat. Namun, tetap harus memenuhi syarat yang berlaku.

Adapun syarat yang harus dipersiapkan adalah kartu BPJS atau JKN-KIS yang masih aktif dan tidak menunggak iuran, surat rujukan dari faskes tingkat pertama dalam hal ini puskesmas atau klinik, serta  kartu pasien yang didapatkan dari rumah sakit rujukan.

Jika ada pertanyaan terkait biaya operasi laser prostat dengan BPJS dan persyaratannya secara detail, sobat Depkes.org bisa menanyakan ke pihak atau petugas terkait. Apakah seluruh biayanya ditanggung atau tidak? Semoga informasinya bermanfaat.

Referensi terkait:

×