Biaya Operasi Patah Tulang yang Ditanggung BPJS

biaya operasi patah tulang yang ditanggung BPJS

Kemungkinan biaya operasi patah tulang yang ditanggung BPJS bisa untuk orang yang mengalami musibah kecelakaan akibat diri sendiri, namun untuk lebih jelas dan spesifik bisa menanyakan langsung kepada pihak terkait saat melakukan pemeriksaan. 

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang seluruh biaya pengobatannya bisa ditanggung oleh JKN-KIS, semua orang berhak mendapatkan perlindungan kesehatan yang dijamin dan merasakan manfaat dari BPJS Kesehatan.

Dari beberapa cerita yang diangkat di situs resmi BPJS Kesehatan, mereka yang pernah mengalami patah tulang bisa menggunakan kartu BPJS atau JKN-KIS untuk melakukan pemeriksaan. Lalu, apakah biaya operasi patah tulang ditanggung BPJS?

Sekilas Tentang Operasi Patah Tulang

Sebelum membahas biaya operasi patah tulang yang ditanggung BPJS, ketahui terlebih dahulu tentang operasi patah tulang yang harus dijalani pasien yang mengalami masalah ini, tindakan operasi biasanya dilakukan setelah mendapat pemerkosaan.

Operasi patah tulang adalah prosedur medis yang dilakukan dokter spesialis atau ahli bedah ortopedi, bertujuan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada sistem gerak tubuh atau tulang. Biasanya operasi ini dilakukan setelah pengobatan non bedah.

Pada saat operasi patah tulang, pasien akan ditempatkan di atas meja operasi, posisinya disesuaikan dengan tulang yang akan dioperasi. Lama operasi patah tulang tergantung dari kesulitan teknik yang digunakan dan tingkat keparahan yang diderita.

biaya operasi patah tulang yang ditanggung BPJS

Biaya Operasi Patah Tulang Pakai BPJS

Melalui program JKN-KIS,  biaya operasi patah tulang yang ditanggung BPJS tidak perlu mengeluarkan biaya, saat tindakan operasi patah tulang, bahkan biaya perawatan lain pun sudah dijamin jika mengikuti suatu aktif sebagai peserta program JKN-KIS.

Seluruh biaya operasi patah tulang seperti pemasangan pen dan sebagainya, semua biaya bisa ditanggung BPJS Kesehatan. Intinya BPJS Kesehatan akan menanggung semua operasi yang berkaitan dengan tindakan medis dan bukan keperluan estetika.

Itulah salah satu manfaat dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, biaya tindakan operasi dan pasca operasi tidak dibebankan kepada pasien selama mengikuti prosedur dan syarat yang berlaku, maka pasien berhak mendoakan jaminan kesehatan.

Syarat Operasi Patah Tulang Pakai BPJS

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pasien yang akan menjalani operasi patah tulang, dimana seluruh biayanya bisa ditanggung BPJS Kesehatan sehingga pasien tidak perlu mengeluarkan biaya. Adapun syarat-syaratnya adalah sebagai berikut: 

  1. Terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan
  2. Kartu BPJS aktif dan tidak menunggak iuran
  3. Surat rujukan dari faskes tingkat I (puskesmas atau klinik)
  4. Kartu pasien didapat dari rumah sakit rujukan
  5. Mengikuti seluruh prosedur yang berlaku

Itulah beberapa syarat untuk memperoleh biaya operasi patah tulang yang ditanggung BPJS, sehingga pasien tidak perlu mengeluarkan biaya mulai dari pemeriksaan, tindakan operasi, pengobatan dan perawatan. Semua ditanggung BPJS Kesehatan.

Jika ada pertanyaan atau ingin mengetahui informasi lebih jelasnya, silahkan bisa menanyakan ke pihak terkait tentang biaya dan prosedur operasi patah tulang dengan BPJS Kesehatan.