Biaya Operasi Pterigium BPJS dan Syaratnya

Biaya Operasi Pterigium Bpjs

Apakah biaya operasi Pterigium BPJS bisa ditanggung oleh program JKN-KIS? Hal ini sering menjadi pertanyaan terutama bagi yang akan menjalani tindakan operasi, namun terkendala dengan biaya sehingga penyakit yang diderita dibiarkan saja.

Padahal saat ini sudah tersedia program jaminan kesehatan nasional yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ingin berobat atau menjalani operasi tanpa harus mengeluarkan biaya besar, bahkan biaya operasi atau pengobatannya digratiskan. 

Lalu, berapa biaya operasi Pterigium BPJS Kesehatan? Apakah seluruh biaya pengobatannya gratis? Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi detail dan jelasnya tentang biaya operasi pada bagian mata jni, mari simak uraian dibawah ini hingga tuntas.

Sekilas Tentang Pterigium

Pterigium
Pterigium

Mungkin sebagian orang masih asing mendengar penyakit Pterigium, penyakit mata yang dapat menyebabkan penglihatan terganggu dan pandangan menjadi samar atau ganda, jika penyakit ini tidak segera ditangani oleh dokter di rumah sakit.

Pterigium adalah kondisi dimana selaput pada bagian putih mata menjadi keruh, akibat adanya pertumbuhan selaput jaringan berwarna merah muda di bagian putih bola mata. Kondisi ini dikenal juga dengan sebutan mata peselancar atau surfer’s eye.

Dalam beberapa kasus, pertumbuhan jaringan bisa mencapai kornea mata. Jika kondisi ini terjadi, maka penglihatan akan terganggu karena jaringan menghalangi masuknya cahaya melalui pupil mata. Hal inilah yang harus segera ditangani oleh dokter spesialis.

Kenali Penyebab Pterigium

Penyebab Pterigium hingga saat ini belum diketahui pasti, namun ada beberapa faktor yang dapat memicu resiko munculnya kondisi ini, seperti mata kering yang sering terkena debu, asap dan angin yang diduga bisa meningkatkan resiko Pterigium.

Selain itu, beberapa ahli percaya bahwa Pterigium bisa disebabkan oleh radiasi ultraviolet khususnya UV-B. Kondisi ini mengakibatkan perkembangan sel-sel berlebihan pada mata, sehingga terjadinya penumpukan dan pembentukan jaringan.

Adapun gejala Pterigium yang umum dikeluhkan, seperti rasa gatal atau perih di area selaput, rasa mengganjal di mata, mata terasa kering dan jika ukuran jaringan sudah meluas bisa mengganggu penglihatan. Kondisi inilah yang harus segera ditangani.

Biaya Operasi Pterigium Pakai BPJS

Tindakan operasi Pterigium masih termasuk dalam operasi mata yang ditanggung BPJS. Namun, jika operasi ini dilakukan secara mandiri di rumah sakit, maka biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal mulai dari Rp 3.000.000 hingga puluhan juta rupiah 

Sementara itu, biaya operasi Pterigium BPJS Kesehatan sepenuhnya bisa ditanggung oleh JKN-KIS. Pasien cukup memenuhi syarat dan prosedur yang berlaku, sehingga seluruh biaya mulai dari pemeriksaan hingga tindakan operasi dijamin oleh BPJS.

BPJS Kesehatan akan menanggung biaya operasi asalkan pasien harus menyelesaikan prosedur dan menyiapkan persyaratan yang sudah ditentukan, hal ini sebagai bentuk perlindungan kesehatan yang seluruh biayanya akan dijamin oleh JKN-KIS.

Syarat Operasi Pterigium Pakai BPJS

Adapun syarat yang harus disiapkan pasien untuk menjalani operasi Pterigium dengan BPJS, diantaranya kartu BPJS atau JKN-KIS masih aktif dan tidak menunggak iuran, surat rujukan dari puskesmas atau klinik, dan kartu pasien dari rumah sakit rujukan.

Setelah persyaratan terpenuhi, pasien harus mengikuti prosedur yang berlaku mulia dari pemeriksaan hingga menjalani operasi. Jika semua prosedur diikuti dan dilaksanakan dengan baik, maka seluruh biaya operasi akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Demikian informasi Depkes.org tentang biaya operasi Pterigium BPJS dan syarat yang harus dipenuhi pasien, sehingga biaya operasi bisa digratiskan. Pasien tidak perlu khawatir soal biaya karena seluruhnya visa dijamin oleh pemerintah melalui program JKN-KIS.