Biaya Operasi Sinusitis BPJS dan Syaratnya

Biaya Operasi Sinusitis Bpjs

Bagi yang ingin menjalani tindakan operasi sinusitis namun terkendala biaya, berikut ini terdapat informasi penting mengenai biaya operasi sinusitis BPJS dan syarat yang harus dipenuhi, apabila ingin mendapat keringanan atau pembebasan biaya operasi.

Pada kebanyakan kasus, infeksi sinusitis biasanya dapat diobati dengan konsumsi obat-obatan. Namun, ketika radang hidung atau sinus tidak kunjung sembuh dan infeksi terus berulang, maka perlu tindakan operasi sesuai rekomendasi dokter spesialis.

Sinusitis memang penyakit yang dapat menimbulkan gejala yang tidak nyaman dan kerap kambuh. Maka dari itu, jika benar-benar ingin sembuh bisa dengan jalan operasi. Lantas, berapa biaya operasi sinusitis BPJS? Apakah bisa ditanggung BPJS?

Apa itu Sinusitis?

Sinusitis adalah kondisi dimana rongga sinus mengalami peradangan akibat infeksi. Rongga sinus merupakan rongga kecil di belakang tulang pipi, hidung dan dahi, jika rongga berisi udara ini terisi lendir dan terjadi pembengkakan akan terjadi penyumbatan.

Ketika seseorang terserang flu atau pilek, maka sinusitis dapat terjadi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sinusitis menjadi parah dan tidak kunjung sembuh, salah satunya adalah terjadi infeksi atau peradangan di rongga sinus yang terus berulang. 

Jika sinusitis masih bersifat ringan, maka dapat ditangani dengan minum obat-obatan. Namun, jika sinusitis berlangsung dalam waktu lama san terjadis ecara berulang dalam setahun, maka perlu tindakan medis salah satunya dengan menjalani operasi. 

Penyakit Sinusitis
Penyakit Sinusitis

Penyebab Penyakit Sinusitis

Ada beberapa penyebab terjadinya sinusitis, namun umumnya terjadi karena disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk ke bagian hidung atau rongga sinus. Adapun penyebab sinusitis lainnya yang bisa meningkatkan resiko adalah sebagai berikut: 

  1. Polip hidung atau benjolan lunak di saluran hidung
  2. Terjadi pembesaran pada kelenjar adenoid
  3. Kebiasaan merokok atau menghirup asap rokok
  4. Cedera hidung atau tulang hidung bengkok
  5. Alergi atau sistem kekebalan tubuh melemah

Jika Anda mengalami kondisi sinusitis dan tidak kunjung sembuh atau sering kambuh berulang, maka bisa segera periksakan ke dokter. Jika harus menjalani tindakan operasi, maka penting mengetahui biaya operasi sinusitis melalui ulasan di bawah ini.

Biaya Operasi Sinusitis Pakai BPJS

Perlu diketahui, biaya operasi sinusitis berbeda-beda di tiap rumah sakit. Jika prosedur medis ini dilakukan secara mandiri, kisaran biaya operasi sinusitis antara Rp 6.000.000 – Rp 60.000.000. Besaran biaya operasi ini tergantung dari tingkat keparahan.

Adapun besaran biaya operasi sinusitis BPJS Kesehatan seluruhnya bisa ditanggung oleh pemerintah melalui program JKN-KIS, pasien tidak perlu mengeluarkan biaya apapun jika memenuhi seluruh persyaratan dan mengikuti prosedur yang berlaku. 

Dengan menggunakan BPJS Kesehatan, pasien tidak perlu lagi khawatir perihal biaya operasi sinusitis. BPJS Kesehatan akan menanggung seluruh biaya operasi mulai dari pemeriksaan, tindakan operasi hingga biaya perawatan dan biaya obat-obatan. 

Syarat Operasi Sinusitis Pakai BPJS

Untuk mendapatkan manfaat BPJS kesehatan dan seluruh biaya operasi ditanggung oleh JKN-KIS, pasien harus memenuhi syarat dan melengkapi administrasi yang diperlukan. Syaratnya mudah dan bisa disiapkan sebelum menjalani tindakan operasi.

Adapun syarat yang harus dipersiapkan diantaranya seperti kartu BPJS atau JKN-KIS masih aktif, surat rujukan yang diperoleh dari dokter di faskes tingkat pertama (puskesmas atau klinik), dan harus memiliki kartu pasien didapatkan dari rumah sakit rujukan.

Demikian informasi biaya operasi sinusitis BPJS yang sepenuhnya gratis jika memenuhi syarat yang berlaku, terpenting pastikan sudah terdaftar sebagai peserta BPJS dan tidak menunggak iuran setiap bulannya. Semoga informasinya bermanfaat.