Biaya Operasi Skoliosis BPJS dan Syaratnya

Biaya Operasi Skoliosis Bpjs

Biaya operasi Skoliosis BPJS sangat penting untuk diketahui agar para penderita mendapatkan penanganan segera. Meskipun kondisi ini tergolong ringan, namun tetap harus diwaspadai karena berpotensi dapat menimbulkan kerusakan sendi. 

Operasi Skoliosis atau operasi tulang punggung merupakan prosedur medis yang dilakukan untuk mengobati nyeri tulang punggung dan sulit bernafas, serta keluhan lain pada tungkai atau lengan akibat kelainan bentuk pada tulang belakang.

Biaya operasi Skoliosis memang cukup mahal. Namun, jika dibiarkan saja, kondisi lengkungan tulang punggung yang cukup parah dapat mempengaruhi kinerja organ vital sekitarnya. Lalu, berapa biaya operasi Skoliosis BPJS? Apakah gratis?

Sekilas Tentang Skoliosis

Skoliosis adalah kondisi tulang belakang mengalami kelainan ditandai dengan tulang punggung melengkung ke arah samping secara tidak normal. Pada kondisi normal, tulang punggung melengkung di bagian bawah punggung dan di bagian atas bahu.

Kebanyakan kasus Skoliosis lebih sering ditemukan pada anak-anak sebelum masa pubertas. Awalnya hanya menimbulkan keluhan ringan, namun seiring dengan pertumbuhan usia kondisinya dapat menjadi lebih parah sehingga perlu segera ditangani.

Adapun salah satu penanganan Skoliosis bisa dengan tindakan operasi, namun sebelumnya dokter akan memeriksa kondisi punggung dengan melakukan rontgen atau CT scan, tujuannya untuk mengetahui tingkat keparahan dari lengkungan tulang punggung.

Foto Rontgen Tulang Dengan Indikasi Skoliosis
Foto Rontgen Tulang Dengan Indikasi Skoliosis

Kenali Penyebab Skoliosis

Ada beberapa penyebab terjadinya Skoliosis atau tulang belakang melengkung, meskipun sebagian besar kasus Skoliosis terjadi tanpa diketahui penyebab pastinya. Namun, terdapat faktor yang dapat memicu terjadi Skoliosis, yaitu diantaranya: 

  1. Skoliosis terjadi sejak bawaan lahir (skoliosis kongenital)
  2. Sendi tulang belakang aus akibat usia (skoliosis degeneratif)
  3. Gangguan saraf dan otot (skoliosis neuromuskular)
  4. Terjadi cedera atau infeksi tulang belakang
  5. Mengalami cacat tulang belakang 
  6. Riwayat kesehatan keluarga dengan Skoliosis
  7. Faktor usia umum terjadi pada anak-anak dan remaja

Adapun gejala Skoliosis yang umum terjadi, yaitu tulang belakang melengkung, salah satu bahu lebih tinggi, salah satu pinggul lebih menonjol, tubuh penderita lebih condong ke satu sisi, nyeri pada punggung, ketegangan otot dan kaku pada punggung.

Biaya Operasi Skoliosis Pakai BPJS

Jika diketahui hasil pemeriksaan Skoliosis harus ditangani dengan tindakan operasi, pasien harus mempersiapkan biaya operasi yang jumlahnya tidak sedikit. Biaya operasi Skoliosis di rumah sakit kisaran mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 100.000.000.

Sementara itu, biaya operasi Skoliosis BPJS seluruhnya bisa dijamin oleh pemerintah melalui program JKN-KIS. Artinya, pasien dapat menjalani operasi tulang punggung di rumah sakit secara gratis yang biayanya bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Itulah salah satu manfaat terdaftar sebagai peserta BPJS, biaya berobat atau operasi dapat di cover oleh BPJS Kesehatan. Namun, pasien harus memenuhi semua persyaratan dan mengikuti prosedur yang berlaku, sebagai salah satu bentuk tertib administrasi.

Syarat Operasi Skoliosis Pakai BPJS

Sebenarnya syarat dan prosedur menggunakan kartu BPJS atau JKN-KIS untuk berobat sangat mudah, pasien cukup mengikuti alur yang sudah ditentukan sehingga pasien bisa merasakan manfaat dari program Jaminan Kesehatan Nasional ini untuk berobat.

Adapun syarat menggunakan BPJS untuk operasi Skoliosis, yaitu pasien memiliki kartu BPJS aktif dan tidak menunggak iuran, surat rujukan dari dokter di faskes tingkat pertama (puskesmas atau klinik, dan memiliki kartu pasien didapat dari rumah sakit rujukan.

Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, kemudian mengikuti prosedur penggunaan BPJS untuk operasi Skoliosis. Dengan demikian, seluruh biaya operasi Skoliosis BPJS akan ditanggung oleh program JKN-KIS. Semoga informasinya bermanfaat.