Biaya Operasi Tahi Lalat Pakai BPJS, Apakah Bisa?

biaya operasi tahi lalat pakai BPJS

Berapa biaya operasi tahi lalat pakai BPJS Kesehatan? Mungkin banyak yang penasaran dengan besaran biaya untuk menghilangkan tahi lalat di wajah. Apakah biaya operasi tahi lalat ini bisa ditanggung oleh BPJS atau kartu JKN-KIS? Berikut informasinya.

Setiap orang dipastikan memiliki tahi lalat, hanya saja letak bintik kecil berwarna hitam ini berbeda-beda, terkadang ada di area sekitar wajah atau di area tubuh lainnya. Bentuknya bisa berubah menjadi besar atau bahkan bisa memudar seiring waktu.

Kendati demikian, tahi lalat jarang sekali berkembang menjadi kanker. Namun, jika bentuknya tidak biasa dan cepat membesar, maka harus konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, apakah berbahaya sehingga harus di operasi atau tidak.

Alasan Tahi Lalat Harus Dioperasi

Apakah biaya operasi tahi lalat pakai BPJS Kesehatan bisa ditanggung negara? Semua tergantung dari alasan pasien yang ingin menghapus tahi lalat, serta seberapa berbahaya kondisi tahi lalat tersebut sehingga harus naik meja operasi.

Jika ingin menghilangkan tahi lalat karena alasan estetika atau ingin memperbaiki penampilan agar bisa membangun kepercayaan diri, tentunya hal ini bukan termasuk hal yang bisa membahayakan atau berisiko terhadap kesehatan kulit pasien.

Berbeda halnya, jika tahi lalat tumbuh tidak normal bisa menandakan indikasi medis atau penyakit kulit, sehingga bisa berkembang menjadi kanker, maka perlu tindakan medis seperti operasi pengangkatan tahi lalat sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter.

biaya operasi tahi lalat pakai BPJS

Bisakah Biaya Operasi Tahi Lalat Pakai BPJS?

Jika merujuk dari alasan diatas, maka biaya operasi tahi lalat pakai BPJS Kesehatan bisa ditanggung JKN-KIS ketika terindikasi mengalami gangguan kesehatan seperti kanker, setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter yang ahli dibidangnya.

Sementara jika Anda menjalani operasi tahi lalat karena keinginan sendiri dengan alasan estetika, maka biayanya tidak di cover oleh BPJS karena operasi ini termasuk jenis operasi yang penyebabnya tidak mengganggu kesehatan.

Jadi, biaya operasi tahi lalat ditanggung atau tidak oleh BPJS Kesehatan tergantung dari ada tidaknya penyakit atau infeksi yang menyertai tahi lalat itu. Jika tidak ditemukan hal yang membahayakan kesehatan, maka biayanya tidak ditanggung BPJS

Prosedur Operasi Tahi Lalat Pakai BPJS

Adapun prosedur operasi tahi lalat pakai BPJS, pasien harus terlebih dahulu konsultasi ke dokter di faskes tingkat I, yaitu puskesmas atau klinik. Pasien ceritakan keluhannya, lalu dokter akan memeriksa. Apakah tahi lalat itu normal atau tidak.

Jika memang dari hasil pemeriksaan ada indikasi membahayakan dan beresiko terhadap kesehatan, maka pasien dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani operasi tahi lalat. Untuk biaya operasinya akan di cover BPJS Kesehatan atau JKN-KIS. 

Demikian informasi mengenai biaya operasi tahi lalat pakai BPJS, apakah bisa ditanggung JKN-KIS? Semua tergantung dari hasil pemeriksaan dokter dan alasan pasien ingin menghilangkan tahi lalat tersebut. Semoga bermanfaat.

Related articles: