Biaya Operasi Usus Buntu dengan BPJS dan Syaratnya

biaya operasi usus buntu dengan BPJS

Jika Anda berencana melakukan operasi usus buntu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu biaya operasi usus buntu dengan BPJS Kesehatan. Apakah seluruh biayanya bisa ditanggung oleh BPJS atau tidak? Yuk, simak informasi lengkapnya dibawah ini!

Dengan BPJS Kesehatan memang sangat membantu khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu, dan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Pada dasarnya, setiap warga negara berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang terjamin.

Apakah operasi usus buntu bisa menggunakan BPJS Kesehatan? Hal ini sering dipertanyakan terutama penderita usus buntu yang ingin menjalani operasi, mengingat biaya operasi usus buntu memang tidak mudah jika tanpa menggunakan BPJS.

Sekilas Tentang Operasi Usus Buntu

Usus buntu atau apendiks adalah organ berbentuk kantong berukuran sekitar 5–10 cm yang yang menempel pada bagian usus besar. Organ ini tidak memiliki fungsi, namun saat tersumbat bisa membahayakan dan berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Ketika usus buntu mengalami peradangan, maka bisa terjadi infeksi sehingga menyebabkan pembengkakkan disertai penumpukan nanah. Oleh sebab itu, penderita usus buntu membutuhkan tindakan operasi agar tidak semakin parah dan pecah.

Lalu, berapa biaya operasi usus buntu dengan BPJS Kesehatan? Apakah operasi apendiks ini termasuk dalam daftar jenis operasi yang biayanya ditanggung BPJS Kesehatan? Untuk informasi biaya operasi usus buntu pakai BPJS, berikut ulasannya.

biaya operasi usus buntu dengan BPJS

Biaya Operasi Usus Buntu Pakai BPJS

Bagi Anda yang menderita penyakit usus buntu, kini tidak perlu lagi khawatir karena seluruh biaya operasi bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan, sehingga Anda tidak dibebani biaya operasi dan perawatan karena sudah dijamin oleh BPJS Kesehatan.

Meskipun demikian, untuk operasi usus buntu yang seluruh biayanya ditanggung BPJS, pasien harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, sehingga biaya operasi usus buntu dengan BPJS ditanggung oleh pemerintah melalui program JKN-KIS.

Jika tidak memenuhi syarat yang ditentukan, maka Anda tidak bisa menggunakan kartu BPJS untuk tindakan operasi, sehingga perlu membayar biaya operasi dengan nominal bervariasi. Maka dari itu, penting memenuhi syarat menggunakan BPJS.

Syarat Operasi Usus Buntu Pakai BPJS

Adapun syarat operasi usus buntu dengan BPJS Kesehatan cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa berkas saja yang nantinya digunakan untuk tindakan operasi di rumah sakit  Berikut syarat operasi usus buntu pakai BPJS.

  1. Pasien terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan
  2. Memiliki kartu BPJS atau JKN-KIS masih aktif
  3. Iuran BPJS Kesehatan tidak menunggak
  4. Surat rujukan dari Puskesmas atau Klinik
  5. Kartu pasien yang didapatkan dari rumah sakit

Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pasien sebelum melakukan operasi usus buntu dengan BPJS. Selain itu, pasien juga harus mengikuti prosedur mulai dari pendaftaran, pemeriksaan, membuat rujukan hingga tindakan operasi.

Demikian informasi yang bisa disampaikan mengenai syarat dan biaya operasi usus buntu dengan BPJS Kesehatan, seluruh biaya bisa ditanggung oleh pemerintah melalui program JKN-KIS. Semoga bermanfaat dan membantu.