Biaya Operasi Varikokel dengan BPJS, Apakah Bisa?

biaya operasi varikokel dengan BPJS

Jika Anda berencana melakukan pengangkatan varikokel, penting untuk mengetahui biaya operasi varikokel dengan BPJS Kesehatan. Sebab, biaya operasi ini tidak murah jika dilakukan secara mandiri, itupun belum termasuk biaya obat dan perawatannya.

Saat ini sebagian besar rumah sakit di Indonesia sudah masuk dalam program Jaminan Kesehatan Nasional, sehingga masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatannya tidak lagi terbebani oleh masalah biaya. Semua biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Hal ini sebagai upaya untuk memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat, dimana mereka berhak mendapatkan pelayanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau bahkan gratis. Lalu, apakah operasi varikokel bisa menggunakan BPJS?

Sekilas Tentang Operasi Varikokel

Sebelum membahas biaya operasi varikokel dengan BPJS Kesehatan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu tentang operasi varikokel. Suatu penyakit yang perlu penanganan operasi jika diketahui memiliki resiko setelah dilakukan pemeriksaan. 

Varikokel adalah kondisi dimana terjadi pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena pada buah zakar atau skrotum. Penyakit ini tidak bergejala, namun jika kondisinya parah bisa menimbulkan rasa nyeri, bahkan bisa berpengaruh pada kesuburan pria.

Operasi varikokel merupakan prosedur medis yang perlu dilakukan jika sudah menyebabkan masalah infertilitas atau masalah kesuburan pria, dengan mengembalikan aliran darah ke organ reproduksi agar kembali normal. Itulah pentingnya operasi varikokel.

biaya operasi varikokel dengan BPJS
Image

Biaya Operasi Varikokel Pakai BPJS

Jika Anda merasa tidak nyaman pada testis, lalu terjadi penyusutan testis dan masalah infertilitas akibat varikokel. Sebaiknya segera periksakan ke dokter, jika hasil pemeriksaaN harus dilakukan tindakan operasi, maka bisa menggunakan BPJS Kesehatan.

Untuk biaya operasi varikokel dengan BPJS Kesehatan bisa ditanggung pemerintah lewat program JKN-KIS. Namun, mengenai penanganannya sepenuhnya tergantung dari pertimbangan dokter bedah dan rumah sakit yang akan menangani tindakan operasi.

Apakah seluruh biaya operasi varikokel bisa ditanggung BPJS? Untuk keseluruhan biaya operasi dan perawatan ditanggung atau tidak, terpenting pastikan mengikuti prosedur pemeriksaan sesuai standar, serta memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat Operasi Varikokel Pakai BPJS

Seluruh biaya operasi varikokel ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Dengan catatan, pasien harus mengikuti prosedur dan syarat yang ditentukan agar proses administrasi berjalan lancar. Adapun syarat operasi varikokel pakai BPJS sebagai berikut: 

  1. Pasien terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan
  2. Memiliki kartu BPJS masih aktif dan tidak menunggak
  3. Membuat surat rujukan ke faskes tingkat pertama
  4. Daftar di rumah sakit rujukan untuk operasi varikokel
  5. Memiliki kartu pendaftaran dari rumah sakit rujukan

Dengan demikian, biaya operasi varikokel dengan BPJS Kesehatan bisa ditanggung oleh negara. Hal ini tentunya sangat membantu bagi yang ingin melakukan pengangkatan varikokel tanpa perlu mengeluarkan biaya, semua dijamin oleh BPJS Kesehatan.

Itulah informasi mengenai biaya operasi menggunakan BPJS dari tim Depkes.org. Pasien tidak perlu khawatir karena seluruh biaya ditanggung BPJS, pasien hanya perlu mengikuti prosedur yang berlaku.