Bonding Adalah: Pengertian, Definisi dan Penjelasannya

Arti Bonding Adalah

Bonding adalah pelekatan emosional dan ketergantungan antara ibu dan bayi atau anaknya. Dimulai saat kelahiran. Bonding dapat mengalami gangguan bila ibu dan bayi dipisahkan tanpa indikasi atau jika dilakukan prosedur medis dan kebidanan yang mengganggu kontak ibu dan bayi.

Ikatan emosional dalam keluarga ternyata tak tercipta begitu saja, ada kebiasaan-kebiasaan yang akan menciptakan dan mempererat bonding antara si kecil dan papa-mamanya. Bonding adalah ikatan emosional yang terjalin antara anak dan orang yang mengasuh dan memenuhi kebutuhan fisik serta emosionalnya.

Bonding time dalam keluarga sebenarnya tidak harus jadi ‘kewajiban’ tapi semua anggota keluarga memang harus berkomitmen untuk ‘benar-benar hadir’ saat aktivitas bonding itu dilakukan.

Bonding dengan anak bisa tercipta lewat momen-momen kecil seperti tertawa bersama, berpelukan, atau melakukan berbagai hal yang menyenangkan bagi mama-papa dan anak.

Ritual-ritual keluarga seperti mendongeng sebelum tidur, beribadah bersama atau makan malam bersama bisa menciptakan suasana hangat dan rasa aman bagi si kecil.

Kenangan akan kehangatan dan rasa aman itulah yang membuat si kecil selalu punya ikatan dengan rumah serta mama-papanya, bahkan hingga ia dewasa kelak. Jadi kegiatan apa saja yang dapat dilakukan oleh keluarga dalam membentuk bonding .

Pengertian Bonding

Bonding adalah pelekatan emosional dan ketergantungan antara ibu dan bayi atau anaknya. Dimulai saat kelahiran. Bonding dapat mengalami gangguan bila ibu dan bayi dipisahkan tanpa indikasi atau jika dilakukan prosedur medis dan kebidanan yang mengganggu kontak ibu dan bayi.

Kegiatan yang Termasuk Bonding Adalah:

  • Piknik keluarga. Kalau Anda tidak bisa mengambil cuti untuk pergi liburan keluarga atau dana terbatas untuk pergi liburan, kenapa tidak membuat piknik keluarga sebagai gantinya? Anda tetap bisa refreshing sambil menghabiskan waktu bersama keluarga.
  • Membuat scrapbook dan photobook. Daripada hanya disimpan di memory card selamanya, coba pamerkan momen-momen lucu dan indah bersama keluarga Anda dalam bentuk scrapbook atau photobook.
  • Jika anak Anda sudah cukup besar untuk diajak membuat prakarya, sertakan mereka dalam proyek membuat scrapbook keluarga. Bayangkan saat hari hujan, Anda sekeluarga menikmati minuman coklat hangat sambil membuka-buka scrapbook karya Anda bersama si kecil serta membicarakan kenangan-kenangan indah saat foto-foto tersebut diambil.
  • Memasak bersama. Setiap saat jika memungkinkan ajak si kecil ikut membantu Anda memasak. Oke, kemungkinan besar Anda bakal lebih repot, tapi sebagai aktivitas bonding manfaatnya banyak sekali. Misalnya mengembangkan kesukaan memasak, pengetahuan gizi dan pola makan sehat, atau belajar berhitung saat menimbang dan menakar bahan-bahan masakan.
  • Berkebun. Apakah Anda mempunyai halaman yang cukup luas, atau hanya deretan pot kecil di daun jendela, berkebun dan menanam merupakan salah satu aktivitas yang seru untuk bonding dengan anak-anak. Bayangkan waktu yang Anda habiskan bersama, menanam, menyiram dan membersihkan taman sambil mengobrol dengan si kecil.
  • Menjadi relawan. Menurut penelitian, menjadi relawan dapat meningkatkan kebahagiaan, mengurangi depresi dan membuat panjang umur. Jadi, kenapa tidak sekalian mengajak seluruh keluarga untuk jadi relawan?

Selain mendapat manfaat positif seperti yang disebut di atas, Anda juga sekalian menjadikan kegiatan tersebut sebagai cara bonding keluarga yang sekaligus berguna bagi masyarakat. Pilih kegiatan yang bisa dilakukan dan menyenangkan bagi anak, misalnya kegiatan yang berkaitan dengan hewan atau lingkungan.

Bagaimana sudah cukup jelas bukan? Baiklah, jadi berdasarkan pembahasan dan penjelasan daripada artikel di atas, dapat kita simpulkan bahwa bonding adalah pelekatan emosional dan ketergantungan antara ibu dan bayi atau anaknya. Dimulai saat kelahiran. Bonding dapat mengalami gangguan bila ibu dan bayi dipisahkan tanpa indikasi atau jika dilakukan prosedur medis dan kebidanan yang mengganggu kontak ibu dan bayi.

Seorang sarjana yang mendedikasikan dirinya di bidang ilmu keperawatan dan kedokteran.

Exit mobile version