Daftar Biaya Operasi yang Ditanggung BPJS Terbaru

biaya operasi yang ditanggung BPJS terbaru 2022

Jika Anda ingin mengetahui daftar biaya operasi yang ditanggung BPJS terbaru 2022, maka bisa simak pembahasan artikel ini hingga tuntas. Sebab, ada informasi penting yang mungkin Anda butuhkan saat ini terkait dengan biaya operasi pakai BPJS.

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang dapat membantu meringankan biaya operasi yang memang tidak murah, sehingga pasien dapat menjalani operasi tanpa perlu khawatir soal biaya, pasien bisa fokus terhadap kesembuhan.

Agar bisa memperoleh jaminan penuh dari BPJS kesehatan, masyarakat yang akan menjalani operasi harus mengikuti prosedur yang berlaku, sehingga seluruh biaya operasi ditanggung oleh BPJS Kesehatan mulai dari pemeriksaan hingga biaya obat-obatan.

Apa itu BPJS Kesehatan?

Semua orang bisa dipastikan sudah memiliki kartu BPJS Kesehatan, hal ini karena masyarakat wajib terdaftar sebagai peserta dengan tujuan agar bisa mendapatkan jaminan kesehatan, serta bisa menerima manfaat dari kepesertaan BPJS Kesehataan.

BPJS Kesehatan adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, yang bertugas menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi semua lapisan masyarakat, seperti masyarakat umum, PNS dan pegawai swasta berhak mendapatkan perlindungan kesehatan.

Dengan kata lain, setiap warga negara Indonesia wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan, termasuk warga negara asing yang sudah berdomisili dan bekerja di Indonesia setidaknya selama enam bulan, serta harus membayar iuran BPJS setiap bulannya.

BPJS juga menyediakan program bantuan iuran khusus bagi masyarakat tidak mampu, biaya pengobatan atau tindakan operasi bisa ditanggung oleh BPJS. Masyarakat yang ingin berobat di puskesmas atau rumah sakit tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Manfaat Peserta BPJS Kesehatan

Sebelum membahas tentang daftar biaya operasi yang ditanggung BPJS terbaru 2022, tidak ada salahnya ketahui terlebih dahulu terkait dengan manfaat terdaftar sebagai peserta BPJS. Adapun manfaat yang bisa dirasakan peserta BPJS sebagai berikut: 

  1. BPJS Kesehatan dapat menanggung berbagai jenis penyakit
  2. Iuran bulanan kepesertaan BPJS Kesehatan cukup terjangkau
  3. Tidak perlu medical check-up untuk menjadi peserta BPJS
  4. BPJS dapat menjamin kesehatan peserta seumur hidup 
  5. Berhak atas manfaat Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (PKTP)
  6. Berhak atas manfaat Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP)
  7. Berhak atas manfaat Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP)
  8. Berhak atas manfaat Pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (PKRTL)
  9. Berhak atas manfaat Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL)
  10. Berhak atas Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL)

Itulah manfaat menjadi peserta BPJS Kesehatan yang perlu diketahui, pasien bisa mendapatkan jaminan kesehatan secara penuh. Lantas, tindakan operasi apa saja yang biayanya ditanggung BPJS? Yuk, ketahui informasi selengkapnya di bawah ini!

Image 12

Biaya Operasi yang Ditanggung BPJS

BPJS Kesehatan bisa menjamin seluruh biaya layanan medis, termasuk tindakan operasi di rumah sakit. Di luar itu, BPJS tidak menanggung biaya yang bersifat estetika, kosmetika, kelalaian akibat diri sendiri dan tindakan operasi yang dilakukan di luar negeri.

Jika Anda penasaran dengan daftar biaya operasi yang ditanggung BPJS terbaru 2022, berikut ini terdapat jenis tindakan operasi yang seluruh biayanya dijamin oleh BPJS sehingga pasien tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, yaitu diantaranya: 

  1. Operasi mata
  2. Operasi miom
  3. Operasi pencabutan pen
  4. Operasi odontektomi
  5. Operasi usus buntu
  6. Operasi tumor
  7. Operasi timektomi
  8. Operasi bedah vaskuler
  9. Operasi pengganti sendi lutut
  10. Operasi kanker
  11. Operasi kista
  12. Operasi amandel
  13. Operasi bedah empedu
  14. Operasi kelenjar getah bening
  15. Operasi bedah mulut
  16. Operasi katarak
  17. Operasi jantung
  18. Operasi hernia
  19. Operasi caesar

Meskipun demikian, untuk mendapatkan jaminan kesehatan yang biayanya ditanggung oleh BPJS. Pasien harus menyelesaikan prosedur penggunaan kartu BPJS sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga biaya operasi bisa ditanggung oleh BPJS.

Prosedur Pengajuan Operasi Pakai BPJS

BPJS Kesehatan memang bisa menanggung seluruh biaya operasi, mulai dari pemeriksaan, konsultasi dokter, biaya obat-obatan hingga biaya rawat inap. Semua itu bisa diperoleh jika pasien mengikuti seluruh prosedur pengobatan yang berlaku. 

Bagi Anda yang masih bingung dengan prosedur penggunaan atau pengajuan untuk menjalani tindakan operasi dengan menggunakan BPJS Kesehatan di faskes tingkat pertama atau faskes tingkat kedua, mari simak uraian berikut ini hingga akhir.

1. Faskes Pertama 

Faskes Tingkat Pertama
Faskes Tingkat Pertama

Faskes pertama adalah fasilitas kesehatan tingkat pertama yang harus terlebih dahulu dikunjungi, Anda tidak boleh langsung datang ke rumah sakit atau dokter spesialis tanpa ke faskes pertama terlebih dahulu. Apa yang dilakukan di faskes pertama?

  • Pasien datang ke faskes tingkat pertama sesuai yang tertera di kartu BPJS Kesehatan, Faskes pertama ditentukan saat awal pengajuan BPJS, yaitu puskesmas atau klinik.
  •  Pasien diperiksa di faskes tingkat pertama. Jika terindikasi memerlukan tindakan operasi, maka dokter akan membuatkan surat rujukan ke faskes lanjutan (rumah sakit).
  • Pasien datang ke rumah sakit sesuai surat rujukan, kemudian melakukan pendaftaran dengan menunjukan surat rujukan dan kartu BPJS, dilengkapi kartu identitas diri.
  • Pasien akan kembali diperiksa oleh dokter spesialis di rumah sakit. Jika diperlukan penanganan medis operasi, maka dokter spesialis akan mengatur jadwal operasi.

Itulah prosedur yang harus diketahui pasien sebelum menjalani tindakan operasi, dimana pasien harus terlebih dahulu melakukan pemeriksaan di faskes tingkat pertama. Bagaimana jika pasien dalam keadaan gawat darurat? Berikut penjelasanya.

2. Faskes Kedua

Rumah Sakit Sebagai Faskes Tingkat Dua
Rumah Sakit Sebagai Faskes Tingkat Dua

Faskes Kedua adalah fasilitas kesehatan tingkat kedua yang meliputi rumah sakit untuk berobat dalam kondisi darurat, sehingga Anda tidak perlu mengunjungi faskes pertama terlebih dahulu. Untuk tata cara penggunaan BPJS di faskes kedua sebagai berikut:

  • Pasien dalam kondisi darurat, maka bisa langsung mengunjungi Instalasi Gawat Darurat (IGD) di rumah sakit tanpa perlu datang ke faskes tingkat pertama atau puskesmas.
  • Pasien atau anggota keluarga yang mendampingi melakukan pendaftaran dengan menunjukkan kartu BPJS Kesehatan dan dokumen pendukung lain yang dibutuhkan.
  • Pasien kondisi darurat bisa langsung mendapatkan penanganan operasi oleh dokter spesialis di rumah sakit, termasuk pelayanan rawat inap pasca operasi jika diperlukan.

Itulah prosedur penggunaan kartu BPJS Kesehatan bagi pasien dalam kondisi darurat,  pasien bisa langsung datang ke faskes kedua dengan membawa kartu BPJS dan dokumen pendukung yang dibutuhkan, sehingga bisa segera mendapatkan penanganan.

Kesimpulan

BPJS Kesehatan memiliki manfaat yang sangat besar bagi peserta yang terdaftar, program jaminan kesehatan ini dapat menanggung seluruh biaya layanan medis termasuk tindakan operasi. Maka dari itu, setiap orang wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Ada berbagai tindakan operasi yang biayanya bisa ditanggung oleh BPJS, mulai dari operasi mata, operasi jantung, operasi caesar, operasi amandel, dan sebagainya. Namun, agar seluruh biaya dijamin BPJS, pasien harus mengikuti prosedur yang berlaku.

Demikian informasi Depkes.org mengenai daftar biaya operasi yang ditanggung BPJS terbaru 2022, hal ini menjadi penting untuk diketahui karena masih banyak masyarakat belum mengetahui informasi ini. Semoga informasinya bisa membantu dan bermanfaat.