Kosta Adalah: Pengertian dan Fungsinya untuk Organ Dalam Manusia

Pernahkah kamu melihat tengkorak atau kerangka manusia? Jika iya, pasti kamu mengetahui bahwa dalam satu kerangka manusia tersusun dari berbagai macam tulang, salah satunya tulang rusuk atau kosta. Istilah kosta memang jarang terdengar apalagi bagi khalayak umum, namun arti kosta dalam kesehatan adalah tulang rusuk. 

Kosta merupakan tulang yang terhubung dengan tulang dada dan tulang punggung atau tulang belakang. Kosta memiliki fungsi penting untuk melindungi semua organ yang berada di dalam dada. Pada artikel ini, kami akan merangkum informasi tentang arti kosta serta fungsi dari costa di dalam bidang kesehatan.

Apa Itu Kosta?

Kosta
Kosta

Sekilas telah dibahas sebelumnya kosta berasal dari costae yang memiliki arti tulang rusuk. Tulang ini memiliki bentuk pipih dan panjang yang bersambungan dengan tulang dada dan tulang bagian belakang. Jumlah kosta manusia yaitu 24 buah, dan setiap sisinya memiliki 12 pasang kosta yang terdiri dari 

  • 7 pasang kosta sejati
  • 1 pasang kosta palsu
  • 2 pasang kosta melayang

Jenis kosta tersebut dibagi berdasarkan perlekatan atau sambungan yang ada pada tulang dada.

Jenis Kosta Berdasarkan Perlekatan

Berdasarkan perlekatan yang ada pada bagian tulang dada, kosta dibagi menjadi tiga yang terdiri dari kosta sejati, kosta melayang dan kosta palsu, berikut penjelasan lengkapnya

1. Kosta Sejati 

Kosta Sejati manusia terdiri dari 7 pasang yaitu tulang 1 – 7. Tulang tersebut adalah tulang yang menyambung dari bagian tulang dada dan tulang rawan. Selain itu, tulang dada juga akan terhubung dengan sendi sternocostal.

2. Kosta Palsu

Kosta palsu terdiri dari 3 pasang yang meliputi tulang 8, 9, dan `10 yang terhubung langsung dengan tulang dada. Uniknya, tulang ke 10 hanya memiliki satu sendi yang terhubung dengan tulang belakang toraks.

3. Kosta Melayang

Terakhir yaitu kosta melayang (floating) yang terdiri dari 2 pasang. Tulang ini sama sekali tidak menyambung atau melekat pada tulang dada, sebab tulang melayang hanya mengelilingi bagian dada tanpa adanya perlekatan.

Fungsi Kosta Manusia

Kosta yang ada pada manusia memiliki beberapa fungsi, berikut diantaranya, 

  • Melindungi bagian rongga dada dan semua organ vital yang terletak di dalamnya, misalkan jantung, paru – paru, hati, dan yang lainnya.
  • Membantu proses pernapasan berjalan dengan normal.
  • Menyediakan tempat untuk otot dan tendon agar bisa menempel antara satu dengan yang lainnya.

Gangguan Kosta

Pada kondisi tertentu kosta juga bisa mengalami kendala atau gangguan yang dapat mempengaruhi semua fungsinya. Berikut beberapa gangguan yang dapat mempengaruhi kinerja kosta:

1. Patang tulang

Kondisi cedera di bagian dada atau punggung dapat mengakibatkan patah tulang rusuk. Hal tersebut dapat menjadi pemicu munculnya rasa sakit, sulit bergerak, hingga sulit bernapas. 

Biasanya, bagian kosta yang rawan patah adalah di bagian tengah. Jika kosta bagian tengah mengalami patah, maka dapat mengakibatkan kerusakan fungsi organ dalam tubuh.

2. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi tulang yang rapuh. Osteoporosis tidak hanya menyerang tulang pada bagian tangan atau kaki saja, bahkan kosta juga memiliki kemungkinan terserang osteoporosis.

3. Tumor

Meski tumor jarang terjadi pada area kosta, namun jika kamu sering merasakan nyeri pada area tersebut bisa menjadi salah satu indikasi adanya tumor.

Demikian sekilas tentang arti kosta dalam kesehatan beserta fungsi dan bermacam- macam gangguannya. Penting bagi kita untuk makanan yang sehat dan kalsium yang cukup untuk tubuh. Agar tulang kita bisa tetap sehat dan kuat.

Related articles: