5 Rekomendasi Obat Apotik untuk Gatal di Daerah Kemaluan Pria

Untitled Design (26)

Apakah kamu merasa bahwa bagian kemaluan mu gatal? Maka penyebab gatal pada kulit pada buah zakar ini diketahui bisa di sebabkan beberapa hal, seperti infeksi jamur, infeksi ragi, peradangan pada kulit kelamin, dan lainnya.

Sehingga untuk mengatasi gatal pada selangkangan pria ini maka Anda bisa berobat ke dokter atau dengan membeli obat atau salep yang di jual di apotik umum, maupun bisa juga dengan menggunakan obat herbal tradisional. Lau apa saja obat gatal pada kemaluan pria di apotik yang direkomendasikan?

Temukan Jenis Obat Gatal Kelamin Pria di Apotik yang Tepat

Sedang mencari jenis obat gatal pada kemaluan pria di apotik yang tepat saat ini? Berikut penjelasannya.

Obat Gatal Pada Kemaluan Pria
Obat Gatal Pada Kemaluan Pria

1. Clotrimazole dan Miconazole

Obat gatal pada kemaluan pria di apotik paling ampuh ini bekerja dengan cara menghambat biosintesis ergosterol yang mana dapat merusak membran sel jamur yang membuat elemen intrasel jamur menjadi bocor dan akhirnya akan mati.

Biasanya, obat ini akan digunakan sehari dua kali selama 4 minggu, dimana untuk hasilnya dapat dilihat setelah 2 minggu pemakaian. Sementara untuk efek samping berupa rasa panas pada kulit dan iritasi ringan. Saat ini sudah tersedia dalam merek dagang yang bisa didapatkan di apotik pastinya dengan harga terjangkau.

2. Terbinafine Hydrochloride

Ini adalah obat gatal pada kemaluan pria di apotik selanjutnya yang bekerja dengan cara menghambat epoxidase dimana sel jamur menjadi kekurangan ergosterol yang akhirnya akan menyebabkan kematian sel jamur. Obat jamur kulit krim ini pun biasaanya akan digunakan untuk mengobati kutu air, tinea cruris, dan tinea corporis.

Biasanya digunakan pada area yang sakit sebanyak dua kali sehari. Sementara untuk efek samping yang sering muncul yaitu seperti iritasi kulit, rasa panas, dan kulit kering.

3. Ketononazole

Selanjutnya adalah Ketoconazole yang merupakan anti jamur azol turunan imidazole sintesis, diman obat ini bekerja dengan menghambat kerja enzim sitokrom p450 pada membran sel jamur. Sehingga nantinya akan mengganggu sintesa ergosterol yang merupakan komponen penting dari membran sel jamur.

Tentunya dengan mekanisme kerja seperti ini, ketoconazole ini dinobatkan sebagai obat jamur kulit paling ampu, karena bisa mengobati semua jenis infeksi jamur kulit, seperti kurap, kutu air, panu, dan lainnya. untuk obat ini sudah tersedia dalam bentuk tablet 200 mg, digunakan satu kali sehari setelah makan.

4. Tolnaftate

Walaupun belum diketahui dengan pasti seperti apa mekanisme obat ini, namun zat yang terkandung didalamnya diketahui akan merusak hifa dan misela yang akan berperan dalam pertumbuhan jamur.

Obat jamur kulit ini pun nyatanya tidak hanya untuk mengobati tetapi juga bisa mencegah jamur kulit. Biasanya akan dipakai langsung pada daerah kulit yang terkena sebanyak dua kali sehari pada saat kulit dibersihkan dan dikeringkan.

Pengobatan efektif pun akan didapat pada penggunaan 2 sampai 4 minggu. Dan kerap sekali membutuhkan waktu 4 hingga 6 minggu untuk beberapa pasien, tentunya dengan harga yang masih terjangkau.

5. Butenafine Hydrocloride

Obat yang satu ini diketahui mempunyai cara kerja yang sama dengan Terbinafine, yang mana digunakan untuk mengobati jamur kutu air, jamur di selangkangan, serta kurap. Cara penggunaannya pun langsung dioleskan pada kulit yang terserang jamur sebanyak dua kali sehari selama empat minggu.

Beberapa obat yang direkomendasikan tim Depkes.org diatas adalah jenis obat yang biasa di beli dan sudah terbukti ampuh.

Related articles: