Posterior Adalah: Berikut Penjelasan dan Jenis-jenisnya

Posterior Adalah

Dalam istilah media, posterior adalah istilah belakang, lebih dekat ke belakang. Contoh: Jantung terletak posterior terhadap tulang rusuk. Dalam mempermudah pemahaman untuk mengenal istilah medis dapat dibaca dalam contoh berikut, dalam ilmu anatomi fisiologi manusia seperti contoh berikut.

Katup uretra posterior merupakan penyebab utama kesakitan, kematian, dan kerusakan ginjal berkelanjutan pada anak-anak. Kelainan ini berupa lipatan mukosa abnormal kongenital pada uretra pars prostatika yang menyerupai membran tipis yang menghambat drainase kandung kemih.

Katup uretra posterior mayoritas didiagnosis saat prenatal melalui penggunaan ultrasonografi maternal. Tingkat keparahan dan derajat obstruksi yang disebabkan oleh kelainan ini tergantung pada konfigurasi dari membran obstruktif dalam uretra. Keputusan untuk mengintervensi saat prenatal didasarkan pada usia kehamilan, volume cairan amnion, dan fungsi renal pada aspirasi urin fetus.

Ablasi katup dengan endoskopi merupakan standar emas penanganan katup uretra posterior. Katup uretra posterior adalah lipatan mukosa abnormal kongenital pada uretra pars prostatika yang menyerupai membran tipis yang menghambat drainase kandung kemih.

Katup uretra posterior merupakan penyebab obstruksi saluran kencing bagian bawah pada bayi laki-laki dan merupakan penyebab kongenital tersering dari obstruksi ginjal bilateral. Katup uretra posterior berlanjut menjadi penyebab morbiditas, mortalitas, dan kerusakan ginjal berkelanjutan pada bayi dan anak-anak. Insidennya mencapai 1 dalam 5000 sampai 1 dalam 8000 kelahiran anak laki-laki.

Dalam istilah medis lainnnya dapat kita contohkan pada pasien hamil seperti posisi oksiput posterior (OP) ini ditandai dengan kepala bawah dari bayi yang menghadap sisi perut Mama. Dengan kata lain, bayi dalam posisi telentang dengan kepala di bagian bawah dalam jalan lahir.

Pengertian Posterior

Posterior adalah sesuatu yang bertempat di belakang.

Jenis Posterior Adalah

Adapun jenis Posterior Adalah sebagai berikut:

  • Oksiput posterior kanan, dalam posisi ini punggung bayi menghadap ke sisi kanan Mama dengan bagian kepala belakang menghadap sisi belakang tubuh Mama.
  • Oksiput posterior kiri, pada posisi ini punggung bayi menghadap ke sisi kiri Mama dengan bagian belakang kepala menghadap sisi belakang tubuh ibu hamil.

Ibu hamil perlu melakukan pengecekan secara rutin jika bayi dalam posisi oksiput posterior ini. Caranya, bisa melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG) karena posisi bayi seperti ini dapat menyebabkan risiko saat persalinan nanti.

beberapa faktor yang memungkinan terjadinya posisi oksiput posterior pada janin, yaitu, bentuk panggul, perempuan yang memiliki bentuk panggul menyerupai hati dan rongga panggul yang sempit. Kemudian, keadaan kyphosis tubuh ibu hamil atau lengkungan tulang belakang yang berlebihan sehingga bayi kedalam posisi oksiput posterior. Kehamilan ganda atau janin yang kembar juga mungkin dapat menjadi alasan terjadinya posisi ini.

Selain itu, ada juga beberapa faktor risiko yang mungkin dapat meningkatkan peluang terjainya posisi oksiput posterior, misalnya usia ibu hamil lebih dari 35 tahun, obesitas, usia kehamilan lebih dari 41 minggu, dan pernah melahirkan dengan posisi oksiput posterior yang sama sebelumnya.

Bayi dengan posisi oksiput posterior ini kemungkinan akan berubah posisinya ke dalam posisi oksiput anterior sehingga janin siap dilahirkan. Posisi oskiput anterior ini merupakan posisi janin yang palin aman dan ideal untuk persalinan. Proses melahirkan cenderung lebih lama. Ibu hamil juga mungkin akan perlu bantuan vakum, forsep, atau bahkan operasi caesar.

Beberapa risiko juga dapat dialami jika bayi dalam posisi oksiput posterior. Misalnya, kemungkinan terjadinya pendarahan postpartum dan infeksi karena penggunaan vakum atau forsep selama persalinan.

Seorang sarjana yang mendedikasikan dirinya di bidang ilmu keperawatan dan kedokteran.

Exit mobile version