Prognosis Adalah: Berikut Penjelasan dan Kategorinya

Prognosis Adalah

Prognosis adalah istilah medis untuk memprediksi kemungkinan atau perkembangan yang diharapkan dari suatu penyakit, termasuk apakah tanda dan gejala akan membaik atau memburuk (dan seberapa cepat) atau tetap stabil dari waktu ke waktu; harapan kualitas hidup, seperti kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari; potensi komplikasi dan masalah kesehatan terkait; dan kemungkinan bertahan hidup (termasuk harapan hidup). 

Prognosis dibuat berdasarkan perjalanan normal penyakit yang didiagnosis, kondisi fisik dan mental individu, perawatan yang tersedia, dan faktor tambahan. Prognosis lengkap mencakup durasi yang diharapkan, fungsi, dan deskripsi perjalanan penyakit, seperti penurunan progresif, krisis intermiten, atau krisis mendadak yang tidak dapat diprediksi.

Ketika diterapkan pada populasi statistik yang besar , perkiraan prognostik bisa sangat akurat: misalnya pernyataan “45% pasien dengan syok septik berat akan meninggal dalam 28 hari” dapat dibuat dengan keyakinan, karena penelitian sebelumnya menemukan bahwa proporsi pasien meninggal ini .

Informasi statistik ini tidak berlaku untuk prognosis setiap pasien, karena faktor spesifik pasien dapat secara substansial mengubah perjalanan penyakit yang diharapkan: informasi tambahan diperlukan untuk menentukan apakah pasien termasuk dalam 45% yang akan meninggal, atau 55% yang bertahan.  

Studi telah menemukan bahwa kebanyakan dokter terlalu optimis ketika membuat prognosis; mereka cenderung melebih-lebihkan berapa lama pasien bisa hidup. Untuk pasien yang sakit kritis, terutama di unit perawatan intensif  ada sistem penilaian prognostik numerik yang lebih akurat. 

Yang paling terkenal adalah skala APACHE II  yang paling akurat bila diterapkan dalam tujuh hari sebelum kematian pasien yang diprediksi.

Mengetahui prognosis membantu menentukan apakah lebih masuk akal untuk mencoba perawatan tertentu atau menahannya, dan dengan demikian memainkan peran penting dalam keputusan akhir kehidupan

Namun apakah kamu mengetahui definisi kata prognosis yang sebenarnya supaya kamu paham dalam membaca kalimat yang mengandung kata tersebut. Berikut ini adalah penjelasan dan arti kata prognosis berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online adalah: Arti kata prognosis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah prog.no.sis [n] ramalan terkait peristiwa yg akan terjadi khususnya yg berhubungan dng penyakit atau penyembuhan setelah operasi.

Pengertian Prognosis

Prognosis adalah perkiraan kemungkinan munculnya penyakit, kondisi, atau perjalanan suatu penyakit.

Dengan mengetahui banyak kosa kata dapat memudahkan anda dalam berkomunikasi maupun dalam menyampaikan pendapat yang ingin anda sampaikan kepada orang tertentu. Seperti itu penjelasan definisi sebenarnya dari kata prognosis.

Semoga dengan ada penjelasan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai kosa kata tersebut. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ini merupakan KBBI Online yang dibuat untuk memudahkan pencarian, penggunaan dan pembacaan arti kata (lema/sub lema). Berbeda dengan beberapa situs web (website) sejenis, kami berusaha memberikan berbagai fitur lebih, seperti kecepatan akses, tampilan yang lebih sederhana, tampilan yang pas untuk segala perambah web baik komputer desktop, laptop maupun telepon pintar dan sebagainya.

Prognosis sering rancu dengan risiko. Pada beberapa kasus, faktor prognosis dan faktor risiko sama. Misalnya pasien dengan diabetes atau perokok berisiko lebih tinggi menderita penyakit periodontal, dan setelah mereka terinfeksi maka secara umum mereka memiliki prognosis yang lebih buruk.

Kategori prognosis adalah sebagai berikut:

  1. Ad vitam, menunjuk pada pengaruh penyakit terhadap proses kehidupan.
  2. Ad functionam, menunjuk pada pengaruh penyakit terhadap fungsi organ atau fungsi manusia dalam melakukan tugasnya.
  3. Ad sanationam, menunjuk pada penyakit yang dapat sembuh total sehingga dapat beraktivitas seperti biasa
Referensi terkait:

Seorang sarjana yang mendedikasikan dirinya di bidang ilmu keperawatan dan kedokteran.

×