Obat Batuk Anak Mucos Drop: Manfaat dan Efek Sampingnya

Gejala Batuk Pada Anak

Batuk merupakan salah satu penyakit musiman yang bisa menyerang semua kalangan termasuk anak-anak. Namun, sayangnya obat batuk khusus untuk anak-anak tidak boleh sembarangan diberikan. Sebagai orangtua, kita harus memberikan obat batuk sesuai dengan dosis dan umur anak.

Meski terdapat banyak obat batuk di apotik yang terjual bebas tanpa resep dokter. Setidaknya orangtua harus mengetahui manfaat dan efek samping dari penggunaan obat tersebut.

Apa Itu Mucos Drop?

Mucos Drop merupakan salah satu merek obat batuk berbentuk cair atau sirup yang dibuat khusus untuk meredakan gejala batuk anak. Mucos Drop mengandung ambroxol yang bisa mengurangi serat asam mukopolisakarida, sehingga  dapat mengencerkan dahak anak, agar saluran nafas atau tenggorokan bisa lebih mudah mengeluarkan lendir.

Penggunaan Mucos Drop sangat tidak dianjurkan bagi anak yang memiliki riwayat alergi obat ambroxol, atau menderita ulkus lambung. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, sebelum menggunakannya.

Manfaat Mucos Drop

Mucos Drop memiliki banyak manfaat, salah satunya meredakan gejala batuk pada anak-anak. Berikut manfaat lain dari Mucos Drop yang perlu Anda ketahui:

  • Mengobati penyakit saluran pernafasan akibat dari banyaknya lendir atau dahak seperti asma bronkial, radang tenggorokan, dan bronkitis.
  • Mengurangi rasa sakit pada area tenggorokan
  • Sebagai anti inflamasi dan mengurangi kemerahan pada tenggorokan yang sakit.
Obat Batuk Mucos Ambroxol Hcl Drop
Obat Batuk Mucos Ambroxol Hcl Drop

Efek Samping Mucos Drop

Setiap jenis obat batuk umumnya memiliki efek samping penggunaan, termasuk dengan Mucos Drop. Namun, efek samping dari penggunaan Mucos Drop masih bisa ditoleransi. Efek yang mungkin timbul dari penggunaan Mucos Drop antara lain mual, muntah, nyeri bagian ulu hati dan alergi obat. 

Terkadang efek samping tersebut tidak selalu terjadi. Semua disesuaikan dengan kondisi dan daya tahan tubuh masing-masing anak. Bila terdapat gejala efek samping dalam jangka waktu yang lama. Maka, segera bawa anak ke dokter terdekat.

Dosis Mucos Drop

Penggunaan Mucos Drop harus sesuai dengan dosis yang tercantum di label obat. Berikut dosis yang tercantum dan bisa Anda gunakan pada anak:

  • Anak 6-12 tahun : 2-3 x sehari 1 ml drops.
  • 2-6 tahun : 3 x sehari 0.5 ml drops.
  • Anak < 2 tahun : 2 x sehari 0.5 ml drops.
  • Diminum sesudah makan
  • Kurangi dosis, untuk penggunaan jangka panjang.
  • Segera hubungi dokter, bila sakit berlanjut.

Mucos Drop untuk Ibu Hamil

Beberapa penelitian di Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau disingkat FDA mengkategorikan ambroxol ke dalam kategori C yang bisa memberikan efek buruk pada janin. Sehingga sangat berisiko besar apabila dikonsumsi oleh ibu hamil. Dilarang menggunakan Mucos Drop bagi ibu hamil, terutama di trimester awal sebagaimana diimbau pula oleh tim dari Moms.co.id.

Cara Menyimpan Mucos Drop

Simpan di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Jangan gunakan obat jika melewati tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasan.

Hal yang Wajib Diperhatikan

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan Mucos Drop pada anak antara lain sebagai berikut:

  • Penggunaan obat sebaiknya dilakukan setelah makan atau dapat dicampur langsung dengan makanan anak.
  • Penggunaan obat dalam jangka waktu panjang sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Demikian sekilas tentang Mucos Drop yang merupakan obat batuk sirup khusus untuk anak-anak. Sebaiknya pilih obat yang memiliki manfaat lebih besar dibandingkan dengan risiko yang akan dialami oleh anak. 

Gunakan Mucos Drop sesuai anjuran yang berlaku, serta konsultasikan perkembangan anak setelah mengkonsumsi obat tersebut kepada dokter spesialis atau yang terpercaya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

×