7 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dengan Bahan Alami

Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit yang bersih, halus dan cerah. Namun, terkadang beberapa permasalahan kulit kerap terjadi, salah satunya bruntusan di area wajah. Bruntusan merupakan kondisi permukaan kulit yang tidak merata, cenderung ke arah kasar. 

Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor misalnya alergi makanan, polusi udara, cuaca, dan lain-lain. Bruntusan kerap muncul di area wajah terutama sekitar dahi, hidung dan dagu. Tentu hal tersebut membuat rasa percaya diri kita menurun. 

Namun, kamu tak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Yuk simak caranya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Penggunaan bahan alami tentu akan lebih sehat dan aman dibandingkan dengan bahan kimia. Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan di wajah dihimpun tim Depkes.org.

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dengan Lidah Buaya
Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dengan Lidah Buaya

Tumbuhan lidah buaya atau yang dikenal sebagai aloe vera telah terbukti memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan, Vitamin C dan E, serta mineral terbukti ampuh untuk menghilangkan bruntusan di wajah secara alami. 

Selain itu, efek dingin dari lidah buaya juga mampu mengurangi rasa gatal di kulit wajah akibat dari bruntusan. Kamu bisa gunakan gel lidah buaya sebagai masker, tunggu beberapa saat sampai mengering. Lalu bilas dengan air bersih.

2. Es Batu

Bahan alami selanjutnya untuk mengurangi atau menghilangkan bruntusan di wajah adalah menggunakan es batu atau air dingin. Sensasi dingin yang diperoleh dari es batu mampu menenangkan sel-sel saraf, sehingga mencegah gatal-gatal yang disebabkan oleh bruntusan. 

Kamu bisa menggunakan es batu atau air dingin dengan cara mengompres dan menempelkan pada area yang terkena bruntusan. Penting untuk tidak menggaruk area kulit yang terkena bruntusan, karena bisa menyebabkan luka dan iritasi lebih lanjut.

3. Oatmeal

Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dengan Oatmeal
Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dengan Oatmeal

Tidak hanya digunakan sebagai nutrisi makanan sehat, oatmeal juga bisa untuk merawat kulit wajah yang bruntusan. Kandungan antioksidan terbukti ampuh untuk mengatasi iritasi kulit. Selain itu, sensasi dingin dari oatmeal mampu menjadikan kulit lebih sehat dan lembut.

Cara penggunaannya, kamu bisa campurkan oatmeal dengan air hangat, kemudian diamkan sebentar sampai agak dingin. Lalu oleskan oatmeal pada seluruh area wajah yang mengalami bruntusan, biarkan sampai mengering lalu bilas sampai bersih.

4. Jeruk Nipis

Bahan alami lainnya untuk mengatasi bruntusan di wajah yaitu jeruk nipis. Kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) telah diklaim mampu untuk menghilangkan bruntusan secara alami.

Cara penggunaanya adalah dengan membelah jeruk nipis, kemudian peras airnya. Oleskan air perasan jeruk nipis ke seluruh area wajah. Biarkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan dengan berbagai macam kandungan yang  baik bagi kesehatan. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, atau diolah menjadi jus. Tomat juga bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan di wajah.

Cara penggunaanya adalah dengan cara menghaluskan tomat, kemudian dijadikan sebagai masker wajah. Tunggu beberapa saat hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih.

6. Minyak Cengkeh

Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dengan Minyak Cengkeh
Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dengan Minyak Cengkeh

Penggunaan minyak cengkeh diklaim mampu mengatasi bruntusan yang terjadi di sekitar area wajah. Minyak cengkeh memiliki kandungan eugenol yang terbukti mampu mengatasi rasa gatal akibat bruntusan dan menenangkan lapisan kulit wajah. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu menambahkan sedikit air, pada minyak cengkeh sebelum diaplikasikan ke wajah.

7. Baking Soda

Bahan alami terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah bruntusan di kulit wajah adalah baking soda. Mengandung kristal sodium bicarbonate, baking soda terbukti ampuh untuk membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

Cara penggunaanya adalah campurkan baking soda dengan sedikit air, aduk sampai sedikit mengental. Selanjutnya oleskan pada area wajah yang mengalami bruntusan, diamkan beberapa saat. Bilas dengan air hangat sampai kulit wajah bersih.

Referensi terkait:

×