Biaya Operasi Tiroid dengan BPJS dan Syaratnya

Letak Kelenjar Tiroid

Berapa biaya operasi tiroid dengan BPJS? Apakah seluruh biayanya bisa dijamin oleh program JKN-KIS? Penting untuk diketahui, biaya operasi kelenjar tiroid memang tergolong mahal, apabila dilakukan secara mandiri atau tanpa kartu BPJS Kesehatan.

Dengan BPJS Kesehatan, penyakit yang memerlukan tindakan operasi dengan biaya mahal sekalipun dapat diringankan, salah satunya termasuk operasi tiroid, yaitu suatu prosedur medis dilakukan untuk mengangkat seluruh atau sebagian kelenjar tiroid

Jika Anda memiliki penyakit tiroid dan tidak memiliki biaya untuk memeriksakan dan mengobatinya, tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan kartu BPJS atau JKN-KIS. Lantas, apakah biaya operasi tiroid dengan BPJS gratis? Berikut informasinya.

Sekilas Tentang Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid adalah kondisi dimana terjadi gangguan pada kelenjar tiroid dan hormon tiroid, gangguan tersebut dapat mengakibatkan perubahan fungsi atau bentuk kelenjar tiroid sehingga produksi hormon jadi terlalu banyak atau terlalu sedikit 

Ketidakseimbangan hormon tiroid ini bisa mengakibatkan organ-organ di dalam tubuh menjadi terganggu, sehingga timbul berbagai gejala seperti mudah lelah, detak jantung tidak teratur, gangguan tidur, atau terjadi perubahan berat badan yang signifikan. 

Adapun salah satu tanda muncul masalah pada kelenjar tiroid, yaitu timbul benjolan pada leher. Karena memang kelenjar yang bentuknya seperti kupu-kupu ini terletak di bagian depan leher. Lalu, apa faktor utama penyebab terjadinya penyakit tiroid? 

Kelenjar Tiroid Pada Penctiraan Xray
Kelenjar Tiroid Pada Penctiraan Xray

Kenali Penyebab Penyakit Tiroid

Ada banyak faktor penyebab kelenjar tiroid mengalami gangguan, seperti penyakit autoimun, kekurangan yodium, atau peradangan kelenjar tiroid. Adapun faktor yang dapat membuat seseorang lebih beresiko terkena penyakit tiroid, seperti: 

  1. Perempuan lebih beresiko daripada pria
  2. Telah berusia lebih dari 60 tahun 
  3. Riwayat keluarga dengan penyakit tiroid
  4. Pernah menjalani operasi tiroid
  5. Menjalani perawatan dengan iodium radioaktif
  6. Pernah menjalani radioterapi pada dada
  7. Memiliki penyakit autoimun

Jika Anda mengalami penyakit tiroid dan ingin menjalani operasi, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis. Jika hasil diagnosa mengharukan menjalani tindakan operasi, maka bisa gunakan kartu BPJS Kesehatan atau JKN-KIS.

Biaya Operasi Tiroid Pakai BPJS

Biaya operasi kelenjar tiroid tidaklah murah, jika tanpa menggunakan kartu BPJS Kesehatan biaya operasi tiroid mulai dari Rp 9.000.000 sampai dengan Rp 100.000.0000, tergantung dari fasilitas dan jenis penanganan yang diterapkan rumah sakit.

Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir. Untuk mendapatkan keringanan biaya bahkan pembebasan biaya operasi alias gratis, maka bisa menggunakan kartu BPJS. Seluruh biaya operasi tiroid dengan BPJS bisa ditanggung oleh program JKN-KIS. 

Itulah salah satu manfaat terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan rutin membayar iuran setiap bulannya, Anda bisa mendapatkan perlindungan dan jaminan kesehatan, seluruh biaya operasi dan berobat akan dijamin oleh BPJS Kesehatan.

Syarat Operasi Tiroid Pakai BPJS

Untuk merasakan manfaat dari BPJS Kesehatan, dimana seluruh biaya operasi ditanggung oleh JKN-KIS, maka pasien harus memenuhi syarat dan mengikuti prosedur yang berlaku agar bisa mendapatkan jaminan kesehatan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Adapun syarat utamanya, yaitu pasien memiliki kartu BPJS atau JKN-KIS masih aktif dan tidak menunggak iuran, surat rujukan dari dokter di faskes tingkat pertama (puskesmas atau klinik), dan harus memiliki kartu pasien didapat dari rumah sakit rujukan.

Setelah memenuhi syarat penggunaan kartu BPJS, selanjutnya mengikuti prosedur menggunakan kartu jaminan kesehatan ini agar dapat dipakai untuk berobat, sehingga seluruh biaya operasi tiroid dengan BPJS bisa ditanggung oleh program JKN-KIS.

Referensi terkait:

×