Etiologi Adalah: Pengertian, Arti dan Definisinya

Apa Itu Etiologi

Dalam ilmu kesehatan kita mengenal banyak sekali istilah-istilah medis salah satunya etiologi. Arti etiologi adalah studi yang mendalami tentang sebab dan asal muasal. Etiologi berasal dari bahasa Yunani αἰτιολογία, aitiologia, yang faedahnya “menyebabkan”.

Apa Itu Etiologi?

Etiologi adalah istilah yang mengacu kepada sebab dari gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Nantinya, ketika etiologi sebuah penyakit tidak bisa dikenali secara jelas penyebabnya maka bisa dikatakan sebagai idiopatik.

Di dalam bidang epidemiologi, untuk menentukan penyebab penyakit dibutuhkan sebuah bukti akurat. Tak hanya itu, kita juga harus membedakan selang asosiasi dan penyebab atau yang sering disebut dengan  kolerasi statistis. Dimana untuk membedakan hal tersebut dibutuhkan kajian epidemiologi.

Etiologi biasanya terfokus pada latar belakang sebuah penyakit. Biasanya etiologi penyakit ada dalam tiga kategori utama yaitu:

  • Idiopatik — penyebabnya tidak diketahui
  • Ekstrinsik — berasal dari faktor eksternal
  • Intrinsik — datang dari dalam

Pengertian Etiologi Menurut KBBI

Sedangkan menurut KBBI, pengertian etiologi terbagi menjadi tiga macam yaitu cabang biologi seputar penyebab penyakit. Kedua, ilmu yang mempelajari penyakit tanaman dan yang ketiga adalah ilmu kedokteran yang mempelajari sebab atau asal muasal suatu penyakit.

Mengenal Etiologi Hipertensi

Diatas sudah dijelaskan bahwa etiologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang sebab penyakit tertentu. Dan penyakit yang sering dikaji dalam etiologi adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hipertensi sendiri adalah penyakit dengan penyebab yang beragam. Umumnya, pasien dengan gangguan hipertensi etiologi dan patofisiologinya tidak bisa diketahui dengan jelas, apakah jenis hipertensi sekunder atau primer.

Contoh Etiologi

Dari penjelasan diatas, mungkin Anda belum begitu paham dengan apa yang dimaksud dengan etiologi. Jadi, untuk memahami arti dari etiologi maka kami berikan beberapa contoh penyakit sebagai gambaran.

Contoh pertama etiologi tentang penyakit diabetes. Dari etiologi penyakit diabetes, ada beberapa faktor penyebab seperti factor genetic, gaya hidup, lingkungan dan juga faktor risiko.

Kedua ada contoh etiologi penyakit hepatitis. Pada kasus penyakit hepatitis, etiologinya akan sedikit berbeda antara hepatitis A maupun B. Etiologi hepatitis B biasa disebabkan oleh virus HBV. Virus ini biasanya terletak di struktur filamen melingkar dalam partikel sub viral.

Sedangkan untuk etiologi hepatitis A sendiri disebabkan oleh virus HA yang digolongkan sebagai sebagai hepatovirus. Dimana virus ini berpolar berpolar positif dengan diameter 28 nm dan bisa dilihat dengan mikroskop elektron.

Virus penyebab penyakit hepatitis A umumnya  bisa hidup lama hingga bertahun-tahun. Tak hanya itu, virus ini juga terbilang kebal terhadap asam dengan PH 3, pengeringan, eter dan juga suhu tinggi. Meski demikian, virus ini tetap bisa dihilangkan menggunakan iodin, klorin dan harus dimasak dengan air mendidih.

Itulah pengertian etiologi baik secara umum maupun menurut KBBI. Diatas juga dijelaskan tentang contoh etiologi penyakit agar mendapat pemahaman yang maksimal.

Related articles:

Seorang sarjana yang mendedikasikan dirinya di bidang ilmu keperawatan dan kedokteran.