Biaya Operasi Ambeien BPJS, Apakah Ditanggung JKN-KIS?

biaya operasi ambeien BPJS

Hampir semua rumah sakit di Indonesia sudah tersedia fasilitas atau layanan operasi ambeien, baik di rumah sakit swasta maupun umum. Hanya saja masih banyak yang belum mengetahui besaran biaya operasi ambeien BPJS Kesehatan. Apakah gratis?

BPJS Kesehatan atau JKN-KIS bisa menanggung seluruh biaya operasi dan perawatan pasien, namun penyakit ambeien apakah biaya operasinya ditanggung BPJS? Hal inilah yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan operasi.

Sebab, biaya operasi ambeien secara mandiri ternyata cukup mahal lho! Beda halnya dengan menggunakan BPJS, seluruh biaya operasi bisa ditanggung lewat program JKN-KIS dengan memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.

Mengenal Penyakit Ambeien

Ambeien atau wasir adalah kondisi dimana pembuluh darah vena di sekitar anus mengalami pembengkakan atau peradangan. Meskipun ambeien bukanlah penyakit berbahaya, namun jika tidak ditangani maka bisa menyebabkan rasa nyeri dan gatal.

Penderita ambeien pada tahap awal, biasanya bisa diobati dengan minum obat-obatan dan konsumsi makanan berserat. Kondisi yang tidak parah, ambeien bisa sembuh dengan sendirinya, maka tidak semua penderita ambeien membutuhkan operasi.

Namun, pada kondisi ambeien parah maka akan sangat mengganggu aktivitas, bisa menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada area sekitar anus. Kondisi inilah perlu tindakan operasi. Lalu, berapa biaya operasi ambeien menggunakan BPJS Kesehatan?

Biaya Operasi Ambeien dengan BPJS

Biaya operasi tanpa BPJS Kesehatan tidaklah murah. Maka dari itu, bagi Anda yang berencana melakukan operasi ambeien, sebaiknya gunakan kartu BPJS atau JKN-KIS agar biaya operasi bisa ditanggung seluruhnya oleh pemerintah.

Biaya operasi ambeien BPJS Kesehatan sepenuhnya gratis, termasuk biaya pengobatan dan perawatan bisa ditanggung JKN-KIS, asalkan Anda memenuhi persyaratan dan mengikuti prosedur untuk mendapatkan jaminan kesehatan tanpa biaya.

Dengan mengikuti prosedur, maka kemungkinan besar biaya operasi akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Hal ini tentunya bisa membantu meringankan bahkan membebaskan biaya operasi sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk operasi.

Cara Pakai BPJS untuk Operasi Ambeien

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui prosedur memakai BPJS untuk operasi ambeien, padahal prosedurnya relatif sederhana jika mengikuti alurnya sebagai berikut: 

  1. Melakukan pemeriksaan di faskes tingkat pertama, bisa di puskesmas atau klinik
  2. Dokter akan merilis surat rujukan jika hasil pemeriksaan diperlukan tindakan operasi
  3. Dokter akan membuat surat rujukan operasi ambeien ke bagian spesialis di rumah sakit
  4. Surat rujukan ini berguna untuk skrining lanjutan ketika ditangani dokter spesialis
  5. Jika harus dilakukan tindakan operasi, dokter spesialis akan membuat jadwal operasi

Itulah prosedur untuk mendapatkan pembebasan biaya operasi ambeien BPJS Kesehatan, dimana seluruh biaya bisa ditanggung oleh JKN-KIS, yang merupakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Demikian informasi yang bisa disampaikan, semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan tentang BPJS Kesehatan, terutama bagi yang ingin melakukan operasi dengan BPJS.