Biaya Operasi Batu Ginjal BPJS dan Persyaratannya

biaya operasi batu ginjal BPJS

Mengingat biaya operasi tidaklah murah, mungkin Anda akan bertanya-tanya. Apakah biaya operasi batu ginjal BPJS Kesehatan bisa ditanggung oleh pemerintah? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak informasi dibawah ini hingga tuntas.

Bagi Anda yang ingin menjalani operasi batu ginjal, namun tidak punya biayanya. Tidak perlu khawatir, Anda dapat menggunakan kartu BPJS atau JKN-KIS untuk berobat dan menjalani operasi berdasarkan hasil pemeriksaan dan rujukan dokter spesialis.

Jika tidak segera ditangani, batu ginjal bisa menjadi lebih parah seperti misalnya menyebabkan kencing batu. Maka dari itu, jalan satu-satunya untuk penyembuhan yakni dengan cara operasi di rumah sakit. Lalu, berapa biaya operasi batu ginjal BPJS Kesehatan?

Apa itu Batu Ginjal?

Batu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk dari garam dan mineral di sepanjang saluran urine, mulai dari ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Jika endapan tersebut menumpuk maka lama kelamaan akan mengeras menyerupai batu.

Meskipun kebanyakan kasus tidak menunjukkan gejala, namun pembentukan batu ginjal dapat berakibat fatal. Jika batu tersangkut di kandung kemih dapat menyebabkan kencing batu dan menimbulkan rasa sakit yang dapat mengganggu aktivitas.

Saat ini untuk mengobati batu ginjal bisa dengan prosedur ESWL. ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) adalah metode penghancuran batu ginjal menggunakan gelombang kejut, batu ginjal akan menjadi pecahan kecil yang dikeluarkan melalui urine.

Penyebab Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal tidak terbentuk dengan sendirinya, namun ada pemicu yang dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit ini. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab timbulnya batu ginjal. Adapun penyebabnya sebagai berikut: 

  1. Sering dehidrasi atau kurang minum air putih
  2. Konsumsi garam terlalu banyak dan berlebihan
  3. Efek samping dari operasi organ pencernaan
  4. Sering konsumsi jenis obat-obatan tertentu
  5. Masalah pencernaan, seperti diare kronis atau radang usus
  6. Kondisi medis tertentu, asam urat atau infeksi saluran kemih
  7. Ada keluarga dengan riwayat penyakit batu ginjal

Biaya Operasi Batu Ginjal Pakai BPJS

Besaran biaya operasi batu ginjal bisa bervariasi di tiap rumah sakit, biasanya berkisar mulai dari Rp 10.000.000 hingga puluhan juta rupiah. Namun dengan menggunakan kartu BPJS atau JKN-KIS maka seluruh biaya dijamin oleh pemerintah mulai dari pemeriksaan, tindakan operasi hingga perawatan atau obat-obatan. 

Hanya saja, untuk merasakan manfaat dari keikutsertaan sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka pasien yang akan menjalani operasi batu ginjal harus memenuhi syarat dan prosedur yang berlaku, serta melengkapi administrasi yang dibutuhkan.

Dengan demikian, biaya operasi batu ginjal BPJS Kesehatan sepenuhnya bisa ditanggung oleh pemerintah melalui program JKN-KIS, sehingga pasien tidak perlu membayar biaya apapun karena seluruh biaya operasi akan di cover oleh BPJS Kesehatan.

Syarat Operasi Batu Ginjal Pakai BPJS

Untuk menjalani tindakan operasi batu ginjal tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, maka pasien harus memenuhi persyaratan yang berlaku dan mengikuti prosedur penggunaan kartu BPJS Kesehatan atau kartu JKN-KIS sebagaimana mestinya.

Adapun syaratnya sangat mudah, yaitu diantaranya harus terdaftar sebagai peserta BPJS, tidak memiliki tunggakan iuran BPJS, membuat surat rujukan dari faskes tingkat pertama, dan memiliki kartu pasien yang didapatkan dari rumah sakit rujukan. 

Setelah itu, Anda dapat menjalani tindakan operasi batu ginjal sesuai  dengan jadwal yang ditentukan oleh dokter spesialis di rumah sakit rujukan. Adapun seluruh biaya operasi batu ginjal ditanggung BPJS Kesehatan atau JKN-KIS.

Demikian informasi mengenai biaya operasi batu ginjal BPJS yang bisa ditanggung oleh pemerintah melalui program JKN-KIS, terpenting harus memenuhi persyaratan dan mengikuti prosedur pengobatan yang berlaku. Semoga bermanfaat.