Biaya Operasi Miom dengan BPJS dan Syaratnya

biaya operasi miom dengan BPJS

Bagi Anda yang ingin melakukan operasi miom, maka penting untuk mengetahui biaya operasi miom dengan BPJS. Sebab, operasi tumor ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit jika menggunakan jalur umum atau biaya dari kantong sendiri.

Meskipun penyakit miom tergolong jinak dan tidak begitu berbahaya. Namun tetap saja, penyakit tumor ini bisa menyebabkan masalah kehamilan dan bisa menimbulkan gangguan pada rahim, sehingga perlu tindakan operasi pengangkatan miom.

Lalu, berapa biaya operasi miom dengan BPJS? Apakah seluruh biayanya bisa ditanggung oleh JKN-KIS? Hal inilah yang perlu diketahui penderita miom agar bisa mendapatkan jaminan dan perlindungan kesehatan dari kepesertaan BPJS Kesehatan.

Sekilas Tentang Miom

Miom atau uterine fibroid adalah jenis tumor jinak yang umum terjadi pada wanita dengan rentang usia 30-50 tahun. Tumor ini terdapat pada dinding rahim (uterus) bagian luar maupun dalam, kondisi ini dapat diatasi dengan terapi hormon atau operasi.

Miom berukuran kecil tidak menimbulkan gejala, namun saat tumbuh besar dapat menyebabkan nyeri dan pendarahan hebat saat menstruasi. Pada beberapa kasus, miom juga dapat menyebabkan pendarahan vagina setelah berhubungan intim.

Meskipun miom bersifat jinak, namun tetap harus periksakan ke dokter secara rutin untuk mendapatkan penanganan. Jika sudah bergejala seperti nyeri atau pendarahan hebat, maka perlu tindakan terapi hormon atau operasi pengangkatan miom.

Kenali Penyebab Miom

Penyebab miom belum diketahui secara pasti tumor jinak ini diduga terkait dengan peningkatan hormon progesteron dan estrogen, serta keluarga dengan riwayat miom dan gaya hidup. Adapun faktor yang dapat meningkatkan munculnya miom, yaitu:

  1. Berat badan berlebih akibat kurang olahraga
  2. Kurangnya mengkonsumsi vitamin D
  3. Banyak mengkonsumsi alkohol
  4. Sering mengkonsumsi daging merah
  5. Jarang mengkonsumsi sayur dan buah
  6. Menstruasi pertama terlalu dini
  7. Faktor keturunan memiliki riwayat miom

Faktor yang dapat menurunkan resiko miom, yaitu pernah melahirkan. Wanita yang pernah melahirkan memiliki resiko lebih rendah terkena miom. Kendati demikian, terpenting Anda bisa menjaga berat badan ideal dan perbanyak makan sayuran atau buah.

Miom Atau Uterine Fibroid
Miom Atau Uterine Fibroid

Biaya Operasi Miom Pakai BPJS

Biaya operasi miom tergantung dari jenis penanganannya, estimasi biaya operasi tumor jinak ini di sejumlah rumah sakit berbeda-beda. Adapun kisaran biaya operasi miom mulai dari Rp 6.000.000 sampai dengan Rp 35.000.000, belum termasuk biaya lainnya.

Jika Anda ingin operasi miom namun memiliki keterbatasan biaya, maka bisa menggunakan kartu BPJS atau JKN-KIS. Seluruh biaya operasi miom dengan BPJS gratis mulai dari biaya pemeriksaan, konsultasi dokter, tindakan operasi dan perawatan.

Untuk mendapatkan pembebasan biaya operasi miom, pasien harus bisa memenuhi syarat dan prosedur menggunakan BPJS, agar seluruh biaya operasi miom bisa dijamin oleh program JKN-KIS sehingga pasien bisa fokus pada penyembuhan dan kembali pulih.

Syarat Operasi Miom Pakai BPJS

BPJS Kesehatan akan menanggung seluruh biaya operasi miom, apabila pasien memenuhi persyaratan dan mengikuti prosedurnya. Pasien harus mengurus administrasi dengan membawa persyaratan seperti kartu BPJS atau JKN-KIS dan surat rujukan.

Surat rujukan bisa diperoleh dari dokter di faskes tingkat pertama, yaitu puskesmas atau klinik. Kemudian pasien mendaftar di rumah sakit rujukan dan mendapatkan kartu pasien. Setelah itu, dokter spesialis akan membuatkan jadwal operasi.

Demikian informasi Depkes.org mengenai syarat dan biaya operasi miom dengan BPJS. Jika pasien mengikuti prosedur yang ditentukan, maka seluruh biaya operasi miom bisa dijamin oleh program JKN-KIS. Semoga informasinya bisa membantu dan bermanfaat.

Referensi terkait:

×