Biaya Operasi yang Tidak Ditanggung BPJS Terbaru 2022

biaya operasi yang tidak ditanggung BPJS terbaru 2022

Mungkin masih banyak masyarakat belum mengetahui informasi biaya operasi yang tidak ditanggung BPJS terbaru 2022, padahal informasi ini sangat penting untuk diketahui agar masyarakat tidak kesulitan ketika harus membayar biaya layanan medis.

BPJS Kesehatan memang bisa menjamin seluruh biaya layanan medis, termasuk menanggung biaya operasi. Namun, tidak semua layanan medis yang terdiri dari berobat jalan sampai tindakan operasi bisa ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan.

Sebelum membahas tentang layanan medis atau tindakan operasi yang biayanya tidak ditanggung oleh BPJS, tidak ada salahnya kita mengupas sedikit mengenai BPJS Kesehatan. Untuk informasi lebih jelasnya, mari simak uraian dibawah ini hingga tuntas.

Sekilas Tentang BPJS Kesehatan

BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, yaitu lembaga khusus untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia, yang berhak memperoleh pelayanan kesehatan yang memadai dengan biaya terjangkau.

Setiap orang bisa mendapatkan jaminan kesehatan yang komprehensif, adil, dan merata. Maka dari itu, program BPJS Kesehatan wajib diikuti seluruh warga negara Indonesia, termasuk warga asing berdomisili di Indonesia minimal 6 bulan dan membayar iuran.

BPJS Kesehatan juga menyediakan program bantuan iuran khusus bagi masyarakat tidak mampu, biaya pengobatan bisa ditanggung oleh pemerintah melalui program JKN-KIS. Dengan begitu, masyarakat yang ingin berobat tidak akan dipungut biaya.

Dengan BPJS Kesehatan, masyarakat bisa memperoleh perlindungan kesehatan, sehingga tidak perlu khawatir ketika ingin berobat namun tidak memiliki biaya. Pada dasarnya, BPJS bisa menanggung seluruh biaya layanan media atau tindakan operasi.

Tujuan Dibentuknya BPJS Kesehatan

Kesehatan merupakan hak dasar setiap warga negara, masyarakat berhak mendapatkan jaminan kesehatan, khususnya masyarakat miskin dan tidak mampu, menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah untuk menjamin kesehatannya.

Tujuan diselenggarakannya program BPJS Kesehatan, yaitu menjamin peserta BPJS Kesehatan dapat memperoleh manfaat pemeliharaan dan perlindungan kesehatan, serta terpenuhinya kebutuhan dasar kesehatan setiap peserta dan anggota keluarganya. 

Dengan demikian, seluruh warga negara Indonesia wajib terdaftar sebagai peserta jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS Kesehatan, termasuk warga negara asing yang bekerja paling singkat enam bulan berada di Indonesia dan membayar iuran.

Lalu, penanganan medis apa saja yang tidak dijamin oleh BPJS? Hal ini penting untuk diketahui, agar masyarakat bisa memahami bahwa ternyata ada pengecualian tindakan operasi yang tidak ditanggung BPJS. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini!

Image 11

Biaya Operasi Tidak Ditanggung BPJS

Meskipun BPJS Kesehatan bisa menanggung biaya layanan medis atau tindakan operasi, namun tidak semua jenis operasi bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Maka dari itu, penting mengetahui biaya operasi yang tidak ditanggung BPJS terbaru 2022.

Ada beberapa tindakan operasi yang biayanya tidak ditanggung BPJS Kesehatan, biaya operasi dibebankan kepada pasien sesuai tarif yang ditentukan pihak rumah sakit, adapun tindakan operasi tidak ditanggung BPJS Kesehatan sebagai berikut:

1. Operasi Akibat Dampak Kecelakaan 

BPJS Kesehatan tidak menjamin biaya operasi kecelakaan tunggal akibat kelalaian, seperti misalnya berkendara dalam keadaan mabuk atau saat melakukan tindakan kriminal kemudian mengakibatkan terjadinya insiden kecelakaan tunggal.

Selain itu, BPJS juga tidak menanggung biaya operasi kecelakaan ganda dan kecelakaan kerja. Kecelakaan jenis ini biasanya ditanggung oleh Jasa Raharja bukan BPJS. Jasa Raharja adalah jenis layanan asuransi yang menanggung kecelakaan lalu lintas.

2. Operasi Estetika atau Kosmetika 

BPJS Kesehatan tidak menanggung biaya operasi yang bersifat tidak membahayakan kesehatan, seperti operasi bedah plastik untuk alasan estetika atau kosmetika yang sebenarnya tidak mengganggu secara medis atau tidak membahayakan pasien.

Contoh operasi estetika atau kosmetika yang tidak ditanggung BPJS, seperti operasi kecantikan, mengatasi infertilitas, meratakan gigi dan sebagainya. Maka dari itu, sebelum melakukan klaim BPJS sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter.

3. Operasi Akibat Melukai Diri Sendiri 

BPJS Kesehatan tidak membiayai penanganan medis akibat ketidaktelitian atau kecerobohan yang mengakibatkan luka, termasuk gangguan kesehatan akibat sengaja menyakiti diri sendiri atau akibat melakukan hobi yang membahayakan diri sendiri.

Contoh operasi akibat melukai diri sendiri atau tindakan self harm, misalnya upaya bunuh diri, kesengajaan menyiksa diri sendiri dan akibat narkoba. Jenis tindakan ini belum di cover oleh BPJS dan belum masuk sistem pembiayaan program JKN-KIS.

4. Operasi Rumah Sakit Luar Negeri 

Ketika seseorang menjalani operasi di rumah sakit luar negeri, maka biayanya tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan, hal ini karena operasi dilakukan berada diluar jangkauan BPJS Kesehatan sehingga biayanya dibebankan kepada pasien bersangkutan.

BPJS Kesehatan hanya menanggung biaya operasi jika dilakukan di rumah sakit dalam negeri. Bagi masyarakat yang tinggal di Indonesia namun berobatnya di luar negeri, maka BPJS tidak akan membiayai tindakan medis di luar jangkauan tersebut.

5. Operasi Tidak Sesuai Prosedur BPJS

Jika pasien tidak menyelesaikan prosedur pengajuan tindakan operasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka seluruh biaya operasi tidak akan ditanggung oleh BPJS. Biaya dibebankan kepada pasien sesuai tarif masing-masing rumah sakit.

Lihat juga: Daftar Operasi yang ditanggung BPJS Kesehatan

Sementara itu, Jika pasien sudah menyelesaikan prosedur pengajuan yang berlaku, maka BPJS Kesehatan akan menanggung seluruh biaya tindakan operasi, mulai dari biaya obat-obatan, biaya perawatan, biaya kontrol maupun biaya rawat inap.

Itulah 5 kriteria biaya operasi yang tidak ditanggung BPJS terbaru 2022. Melalui informasi ini, setidaknya masyarakat bisa memahami dan mengetahui jenis operasi apa saja yang biaya penanganan medisnya tidak dijamin oleh program JKN-KIS.

Apakah Wajib Jadi Peserta BPJS?

Meskipun tidak semua biaya operasi bisa ditanggung oleh BPJS, namun kepesertaan BPJS Kesehatan bersifat wajib, sehingga masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta bisa mendaftarkan diri melalui online atau bisa datang ke kantor BPJS terdekat.

Ketika telah terdaftar sebagai peserta BPJS, Anda bisa mendapatkan jaminan kesehatan seperti berobat gratis, tindakan operasi tanpa dipungut biaya, dan layanan medis lainnya selama masuk dalam kategori yang biayanya bisa ditanggung BPJS.

Selain itu, peserta BPJS juga mendapatkan banyak manfaat dan perlindungan kesehatan yang dijamin oleh pemerintah. Untuk itu, bagi yang belum menjadi peserta BPJS, maka bisa mendaftarkan diri sebagai peserta untuk kebutuhan kesehatannya.

Cara daftar menjadi peserta BPJS Kesehatan sangat mudah, Anda hanya cukup menyiapkan persyaratan yang telah ditentukan pihak BPJS, kemudian ikuti petunjuk pendaftaran BPJS yang tersedia sesuai dengan kelas yang diinginkan.

Kesimpulan

BPJS Kesehatan bisa menanggung seluruh biaya operasi, termasuk biaya obat-obatan, konsultasi dokter spesialis, biaya rawat inap dan biaya rawat jalan. Hal ini tentunya dapat meringankan masyarakat yang ingin berobat dan sembuh dari penyakitnya.

Meskipun demikian, tidak semua jenis operasi bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Ada beberapa penanganan medis di rumah sakit yang biayanya dibebankan kepada pasien, contohnya seperti yang sudah diuraikan diatas.

Demikian informasi Depkes.org tentang biaya operasi yang tidak ditanggung BPJS terbaru 2022. Jika ada informasi yang kurang jelas, silahkan bisa hubungi pihak ketat atau menanyakan ke petugas kesehatan. Semoga informasinya bermanfaat.

Referensi terkait:

×