Biaya Operasi Keloid BPJS dan Syaratnya

Biaya Operasi Keloid Bpjs

Ingin menjalani operasi Keloid namun tidak memiliki biaya? Tindakan medis menghilangkan bekas luka yang menonjol ini memang tidak murah. Lantas, apakah biaya operasi Keloid BPJS bisa ditanggung oleh program JKN-KIS? Berikut informasinya.

Ada banyak jenis tindakan operasi yang biayanya ditanggung oleh BPJS Kesehatan, namun tidak semuanya dijamin sehingga harus dilakukan secara mandiri. Artinya, untuk menjalani operasi yang tidak ditanggung BPJS ini harus menggunakan uang sendiri.

Lalu, bagaimana dengan operasi Keloid? Apakah biaya operasi Keloid BPJS bisa ditanggung pemerintah melalui program JKN-KIS? Hal ini yang harus diketahui lebih lanjut, agar masyarakat yang ingin menjalani operasi Keloid mendapatkan keringanan biaya.

Sekilas Tentang Keloid

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang Keloid, pada dasarnya kondisi ini tidak membahayakan kesehatan. Namun, kondisi Keloid dapat menurunkan kepercayaan dan mengganggu penampilan, serta kondisi lainnya yang mungkin beresiko.

Keloid adalah bekas luka yang tumbuh di luar batas kulit yang cedera, sehingga tampak menonjol dan ukurannya terlihat lebih besar dari luka aslinya. Ukuran Keloid sangat beragam dan bisa tumbuh membesar seiring waktu, apabila tidak segera ditangani.

Awalnya, Keloid muncul berupa tonjolan jaringan parut memiliki warna merah, merah muda atau keunguan. Namun seiring waktu, warna keloid dapat berubah menjadi lebih gelap. Jika di sentuh terasa padat, serta dapat menimbulkan rasa gatal dan nyeri.

Keloid Pada Kulit Tangan Manusia
Keloid Pada Kulit Tangan Manusia

Penyebab Munculnya Keloid

Terdapat beberapa area tubuh yang rentan terjadi Keloid, seperti pada bagian pundak, telinga, dada bagian tengah, lengan atas, punggung atas, dan leher bagian belakang. Ada beberapa penyebab yang dapat berpotensi mengembangkan Keloid, yaitu: 

  1. Bekas jerawat dan penyakit cacar air
  2. Melakukan tindik badan atau telinga
  3. Luka bakar, luka gores atau luka tato
  4. Pernah menjalani operasi pembedahan
  5. Gigitan serangga atau suntik vaksinasi

Jika kondisi Keloid semakin membesar dan menimbulkan rasa nyeri, maka bisa menjalani operasi pengangkatan Keloid di rumah sakit. Sebelumnya periksakan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui diagnosa apakah perlu tindakan operasi atau tidak.

Biaya Operasi Keloid Pakai BPJS

Biaya operasi Keloid di rumah sakit bervariasi tergantung dari jenis penanganannya, adapun kisaran biayanya mulai dari Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 5.000.000. Bagi masyarakat kurang mampu, biaya operasi ini mungkin tergolong cukup mahal.

Maka dari itu, untuk meringankan biaya operasi pengangkatan Keloid, sebaiknya gunakan kartu BPJS Kesehatan. Dengan kartu sakti ini, seluruh biaya operasi Keloid BPJS bisa digratiskan. Artinya, biaya ditanggung pemerintah melalui program JKN-KIS.

Namun dengan syarat, pasien harus memenuhi prosedur yang berlaku, serta terpenting tindakan medis operasi Keloid dilakukan atas dasar karena alasan kesehatan sehingga seluruh biayanya bisa dijamin oleh BPJS Kesehatan. Lalu, apa saja syaratnya?

Syarat Operasi Keloid Pakai BPJS

Adapun syarat berobat atau operasi Keloid dengan menggunakan BPJS, yaitu memiliki kartu BPJS atau JKN-KIS masih aktif, surat rujukan dari dokter di faskes tingkat pertama (puskesmas atau klinik), dan kartu pasien didapatkan dari rumah sakit rujukan.

Setelah itu, pasien cukup mengikuti prosedur operasi Keloid dengan BPJS yang ditentukan mulai dari pemeriksaan hingga tindakan operasi, tujuannya agar tertib administrasi dan terdaftar di rumah sakit sebagai pasien yang menerima manfaat BPJS Kesehatan.

Jika ada pertanyaan seputar biaya operasi Keloid BPJS atau syarat menggunakan kartu BPJS untuk berobat, silahkan menanyakan kepada pihak atau petugas terkait agar bisa mendapatkan informasi detailnya. Semoga informasinya membantu dan bermanfaat.

Referensi terkait:

×