Biaya Operasi Pendarahan Otak BPJS dan Syaratnya

13. Biaya Operasi Pendarahan Otak Bpjs

Berapa biaya operasi pendarahan otak BPJS? Untuk menjalani operasi ini di rumah sakit memang biayanya tidak sedikit, bagi masyarakat yang kurang mampu mungkin akan banyak pertimbangan, padahal penyakit ini sangat beresiko dan berbahaya.

Dengan BPJS Kesehatan, masyarakat akan sangat terbantu karena bisa meringankan biaya untuk berobat atau biaya operasi. Itulah sebabnya, penting terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional, dimana dibuktikan dengan kartu BPJS atau JKN-KIS.

Dengan memiliki kartu BPJS, apakah biaya operasi pendarahan otak BPJS gratis? Apakah seluruh biaya operasinya bisa ditanggung oleh program JKN-KIS? Hal ini penting untuk diketahui agar masyarakat bisa merasakan manfaat dari kepesertaan BPJS.

Sekilas Tentang Pendarahan Otak

Pendarahan otak merupakan kondisi medis serius dan darurat yang memerlukan penanganan segera mungkin oleh dokter di rumah sakit. Perdarahan ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh arteri di otak, sehingga mempengaruhi aliran darah di sekitarnya.

Ketika kondisi aliran darah tidak lancar, maka sel-sel dalam otak tidak mendapatkan oksigen sehingga mengakibatkan sel-sel otak rusak dan mati. Beberapa kasus, kondisi ini bisa berakhir dengan kelumpuhan. Namun, tidak sedikit yang berhasil pulih sempurna.

Kebanyakan orang yang mengalami perdarahan otak memiliki gejala mirip stroke, contohnya kelemahan pada salah satu anggota tubuh, kesulitan berbicara, dan mati rasa. Maka dari itu, pendarahan otak perlu tindakan medis sesegera mungkin.

Foto Ct Scan Pendarahan Otak
Foto Ct Scan Pendarahan Otak

Penyebab Pendarahan Otak

Penting untuk mengetahui penyebab pendarahan otak agar bisa mencegah terjadinya kondisi ini, seeta bisa segera periksakan ke dokter di rumah sakit. Adapun penyebab dan faktor resiko seseorangan mengalani pendarahan otak sebagai berikut: 

  1. Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  2. Mengalami trauma atau cedera kepala 
  3. Terdapat kelainan pembuluh darah di otak
  4. Terjadi gangguan pembekuan darah
  5. Pembengkakan pembuluh darah (aneurisma)
  6. Indera pengecap tidak berfungsi normal
  7. Kesulitan menulis dan membaca

Adapun gejala yang umum ditemukan pada pasien pendarahan otak, seperti sakit kepala parah, kelemahan pada lengan dan kaki, kesulitan berbicara, gangguan penglihatan, kesulitan menelan, kehilangan keseimbangan dan kehilangan kesadaran.

Biaya Operasi Pendarahan Otak Pakai BPJS

Biaya operasi pendarahan otak di tiap rumah sakit berbeda-beda, dan tentunya biayanya tidak murah. Adapun biaya operasi pendarahan otak mulai dari Rp 720.000 hingga Rp 100 jutaan, tergantung dari jenis penanganan operasi dan fasilitas rumah sakit.

Beruntung bagi yang sudah terdaftar BPJS Kesehatan, seluruh biaya operasi pendarahan otak BPJS bisa ditanggung oleh program JKN-KIS. Pasien tidak perlu khawatir soal biaya operasi sehingga bisa fokus pada kesembuhan dan bisa segera pulih kembali.

Meskipun demikian, agar tindakan operasi bisa ditanggung BPJS maka pasien harus memenuhi syarat dan menyelesaikan prosedur pengajuan penggunaan BPJS untuk berobat atau menjalani operasi, nantinya seluruh biaya operasi bisa dijamin JKN-KIS.

Syarat Operasi Pendarahan Otak Pakai BPJS

Untuk mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS, pasien yang akan berobat harus menyiapkan persyaratan yang ditentukan, termasuk mengikuti prosedur pengobatan yang berlaku sehingga biaya berobat dan tindakan operasi ditanggung JKN-KIS.

Adapun syaratnya, yaitu harus memiliki kartu BPJS atau JKN-KIS masih aktif, tidak menunggak iuran BPJS, membawa surat rujukan dari dokter di faskes tingkat pertama (puskesmas atau klinik), dan kartu pasien yang didapatkan dari rumah sakit rujukan.

Jika pasien dalam kondisi darurat, maka bisa langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan segera dari dokter spesialis. Adapun biaya operasi pendarahan otak BPJS sepenuhnya gratis dan ditanggung oleh program JKN-KIS sesuai informasi yang dihimpun tim Depkes.org.

Referensi terkait:

×