5 Obat Apotik untuk Bisul yang Menganggu

Untitled Design (22)

Menderita bisul tentu saja dapat menyebabkan rasa sakit, nyeri, maupun itu tidak nyaman. Kondisi ini pun nyatanya juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri bila terjadi pada kulit yang mudah terlihat. Sehingga untuk mengatasinya, ada beberapa obat bisul di apotik yang bisa langsung kamu beli. Berikut penjelasannya.

Inilah 5 Daftar Obat Bisul Ampuh di Apotek

Bisul Yang Menonjol Di Kulit
Bisul Yang Menonjol Di Kulit

Bisul merupakan sebuah kondisi ketika ada infeksi yang di akibatkan oleh bakteri dan menyebabkan peradangan pada folikel rambut. Gejala bisul ini biasanya akan muncul kantung atau benjolan berisi nanah. Lalu apa saja yang menjadi rekomendasi obat bisul di apotik ynag bisa langsung di pesan?

1. Salep Ichtyol 15 g

Obat bisul di apotik yaitu dengan nama Ichtyol yang merupakan sebuah salep yang mengandung bahan Ichtammolum 100 mg. dalam kandungan tersebut diketahui mampu membantu membunuh bakteri penyebab bisul juga kaan sekaligus meredakan gejala bisul. Salep berwarna hitam ini pun nyatanya bukan hanya berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri, namun juga memiliki fungsi sebagai anti-peradangan juga.

Untuk penggunaan salep ini, maka nanti Anda cukup mengoleskan salep sebanyak 2-3 kali sehari pada area kulit yang terdapat bisul. Selama penggunaan salep ini, tentu saja ada efek samping yang mungkin terjadi, yaitu rasa gatal, ruam kulit, dan iritasi.

Apabila nanti setelah pemakaian, kondisi bisul tidak membaik atau muncul efek samping yang berkepanjangan, maka sanagat disarankan untuk segera hentikan penggunaan dan konsultasi ke dokter.

2. Kapsida Kembang Bulan

Kapsul Bersih Darah Kembang Bulan ini juga merupakan obat yang dapat membantu mengatasi permasalah kulit mulai dari gatal-gatal, jerawat, koreng, bahkan sampai dengan bisul. Kapsida ini diketahui mengandung ekstrak tanaman herbal seperti ketumbar dan sambiloto yang mana sangat dipercaya memiliki sifat antibakteri.

Untuk mengkonsumsi obat bisul tradisional supaya nanti cepat pecah ini, maka dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah tiga kali sehari. Cukup gunakan sesuai dengan anjuran pakai. Bila sakit berlanjut maka segera hubungi dokter. 

3. Clindamycin

Obat Clindamycin ini pun merupakan obat oral yang mampu membantu mengobati infeksi termasuk benjolan berisi nanah atau bisul. Clindamycin ini sendiri akan bekerja dengan cara menghambat kemampuan bakteri untuk memproduksi protein yang dapat menginfeksi tubuh.

Obat ini ini sendiri tergolong antibiotik, yang mana nanti harus diminum sesuai resep dokter sampai habis. Jika nanti ingin menghentikan konsumsi obat ini terlalu cepat dan tidak sesuai resep dokter, maka hal ini dapat membuat bakteri dapat berkembang dan bisul pun akan susah sembuh

4. Gentamicin

Gentamicin merupakan sebuah jenis salep antibiotik yang dapat mengatasi bisul pada kulit, dimana obat ini bisa didapatkan dengan resep dokter dan digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah terjadinya sebuah resistensi bakteri.

Efek sampingnya yang mungkin terjadi saat akan menggunakan obat ini adalah iritasi ringan seperti gatal atau kulit kemerahan. Ini bisa timbul bakteri atau jamur yang tumbuh dan kebal jika digunakan untuk jangka waktu yang lama.

5. Amoxicillin

Obat golongan antibiotik yang satu ini juga  dapat digunakan untuk membantu menghentikan perkembangan bakteri yang menyebabkan infeksi di kulit seperti bisul. Obat ini pun telah tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul.

Untuk penggunaan obat ini, maka nanti dosisnya harus disesuaikan dengan resep dokter supaya tidak salah dosis atau menyebabkan overdosis.

Related articles: