Huknah Adalah: Pengertian Lengkap, Tujuan, dan Jenis-jenisnya

Huknah Adalah

Huknah adalah memasukkan cairan sabun yang hangat melalui anus rektum sampai kedalam kedalam kolon desenden dan asenden. Fungsinya adalah untuk mengeluarkan feses dan flaktus. Huknah dapat diklasifikasikan ke dalam empat golongan menurut cara kerjanya: cleansing (membersihkan), carminative (untuk mengobati flakulance), retensi (menahan), dan mengembalikan aliran.

Pengertian Huknah

Jadi, apa itu Huknah? Huknah adalah pemasukan cairan ke dalam rektum.

Dua Jenis Huknah

Dua jenis dari cleaninganema adalah high enema (huknah tinggi) dan low enema (huknah rendah). High enema diberikan untuk membersihkn kolon sebanyak mungkin,sering diberikan sekitar 1000ml larutan orang dewasa dan posisi klienberubah dari posisi lateral kiri ke posisi dorsal recumbeng dan kemudianke posisi lateral kanan selama pemberian ini agar cairan dapat turun keusus besar, cleaning enema paling efektif jika diberikan dalam waktu 5 –10 menit.

Low enema diberikan hanya untuk membersih kan rektum dan kolon sigmoid. Sekitar 500 mL larutan diberikan pada orang dewasa danklien dipertahankan pada posisi ke kiri selama pemberian.

Carminatina enema terutama diberikan untuk mengeluarkan flatus.Larutan dimasukkan ke dalam rektum untuk dimasukkan gas dimana iamerenggangkan rektum dan kolon, kemudian merangsang peristaltik.Untuk orang dewasa dimasukkan 60 – 180 ml.

Retention enema yaitu dimasukkan oil (pelumas) ke dalam rektumdan kolon sigmoid, pelumas tersebut tertahan untuk suatu waktu yanglama (1–3jam), ia bekerja untuk melumasi rektum dan kanal anal yangakhirnya memudahkan jalannya feses.

Prinsip dasar huknah memberikan huknah adalah suatu kegiatan yang dilakukan yang untuk membantu memenuhi kebutuhan eliminasi fekal dengan memberikan huknah rendah atau huknah tinggi.

Tindakan ini memberikan bantuan pada pasien yang mengalami gangguan pemenuhan kebutuhan dasar eliminasi fekal karena feses yang keras dan persiapan tindakan pembedahan. Kondisi ini terjadi karena feses berada di intestinal lebih lama, sehingga banyak air diserap. Biasanya disebabkan oleh pola defekasi yang tidak teratur, penggunaan laksatif yang lama, stress psikologis, obat-obatan, kurang aktifitas dan faktor usia. Bila hal ini tidak mendapatkan perawatan dengan baik bisa terjadi fekal Impaksi.

Tujuan Huknah

Tujuan huknah yaitu untuk membersihkan usus, untuk pengobatan dan membantu menegakkan diagnosa. Beberapa tindakan dalam huknah yang dapat kita ketahui, Carminatine Enema terutama diberikan untuk mengeluarkan flatus. Larutan dimasukkan ke dalam rektum untuk dimasukkan gas dimana ia merenggangkan rektum dan kolon, kemudian merangsang peristaltik. Untuk orang dewasa dimasukkan 60 – 180 ml.

Retention Enema yaitu dimasukkan oil (pelumas) ke dalam rektum dan kolon sigmoid, pelumas tersebut tertahan untuk suatu waktu yang lama (1–3jam), ia bekerja untuk melumasi rektum dan kanal anal yang akhirnya memudahkan jalannya feses.

Enema Yang Mengembalikan Aliran

Enema yang mengembalikan aliran kadang – kadang mengarah pada pembilasan kolon, digunakan untuk mengeluarkan flatus. Ini adalah pemasukan cairan yang berulang ke dalam rektum dan pengaliran cairan dari rektum. Pemberian enema merupakan prosedur yang relatif mudah untuk klien. Bahaya utama adalah iritasi sabun dan efek negatif dari larutan hypertonik atau hipotania.

Perbedaan huknah rendah dan tinggi, Huknah rendah adalah tindakan keperawatan dengan cara memasukkan cairan hangat ke dalam kolon desendens dengan menggunakan kanula rektal melalui anus.

Huknah rendah dilaksanakan sebelum operasi (persiapan pembedahan) dan pasien yang mengalami obstipasi. Huknah tinggi adalah tindakan memasukkan cairan hangat ke dalam kolon asendens dengan menggunakan kanula usus. Tindakan ini dapat dilakukan pada pasien yang akan dilakukan tindakan pembedahan umum.

Seorang sarjana yang mendedikasikan dirinya di bidang ilmu keperawatan dan kedokteran.