Obat Apotik untuk Batuk Kering agar Tidak Makin Parah

Untitled Design (24)

Batuk kering yang juga disertai gatal pastilah akan mengganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Sehingga untuk mengatasi dan menghilangkan sakitnya, maka Anda bisa menggunakan obat batuk kering di apotik yang sekarang banyak di jual. Berikut penjelasannya.

Apa Saja Merek Obat Batuk Kering di Apotik?

Batuk kering ini sendiri sebenarnta dapat terjadi akibat perubahan suhu, polusi udara, atau pun karena batuk pasca-virus yang terjadi akibat pilek atau flu. Bukan hanya itu saja, nmaun batuk juga dapat menjadi tanda adanya masalah lain seperti asma, gagal jantung maupun itu efek samping dari penggunaan obat. Lalu apa saja merk obat batuk kering di apotik ynag direkomendasikan?

Obat Apotik Untuk Batuk Kering
Obat Apotik Untuk Batuk Kering

1. Siladex Antitussive

Siladex Antitussive merupakan obat batuk kering di apotik pertama untuk Anda yang diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah batuk tidak berdahak atau kering. Obat ini pun diketahui memiliki kandungan guaifenesin 50 mg dan bromhexine HCl 10 mg.

Bukan hanya ampuh dalam mengobati batuk hingga ke pusatnya, namun Siladex Antitussive juga tidak ada tambahan alkohol dan bebas gula sehingga cocok dan aman bagi penderita diabetes. Obat ini sendiri dibeli di apotik tanpa harus menggunakan resep dokter, namun penggunaan obat ini harus sesuai dosis dan aturan pakai yang dianjurkan. 

2. Vicks Formula 44

Ada jugaVicks Formula 44 adalah obat khusus untuk mengobati batuk kering karena mengandung Doxylamine suksinat 3 mg dan Dekstrometorphan HBr 5 mg. Bukan hanya meredakan batuk kering, namun Vicks Formula juga bisa mengobati sakit flu. Akan tetapi, perlu diperhatikan jika obat obat ini mempunyai efek samping seperti mual, pusing, dan kantuk.

3. Woods Sirup Antitussive

Obat batuk kering di apotik lainnya daalah Woods Sirup Antitussive yang merupakan obat batuk bentuk cair yang mengandung diphenhydramine 12.5 mg serta terdapat Dextromethorphan hbr 7.5 mg.

Obat ini bahkan biasanya digunakan untuk meredakan batuk kering karena alergi. Woods Antitussive ini pun mempunyai efek samping yaitu, pusing, muntah, dan sulit buang air besar. jika ingin memebeli onat ini maka bisa tanpa resep dokter.

4. Sanadryl Dmp Sirup

Ada juga Sanadryl Dmp Sirup yang merupakan obat batuk cair untuk mampu untuk mengobati sakit batuk kering akibat alergi. Obat ini sendiri pun mengandung bahan aktif dextrometorfan Hbr yang efektif dalam meredakan batuk. Sementara bahan aktif difenhidramin HCl ini bisa berguna untuk meredakan reaksi alergi yang menyebabkan pilek disertai batuk.

Gunakan Sanadryl jika ingin menyembuhkan batuk karena alergi dan batuk tidak berdahak. Obat ini sendiri efek samping berupa rasa kantuk, pusing atau sakit kepala, mulut kering dan lainnya.

5. Konidin

Konidin merupakan obat batuk yang berbentuk tablet dari Konidin yang mengandung Guaifenesin 100 mg, Chlorpheniramine maleate 2 mg, serta di dalamnya ada Dextromethorphan HBr 5 mg.

Bukan hanya mampu meredakan batuk kering, namun obat ini juga dapat mengobati sakit asma, radang saluran pernapasan bahkan sampai dengan influenza. Kandungan Dextromethorphan HBr yang terdapat di dalamnya mempunyai cara kerja dengan menekan dorongan untuk batuk.

Sementara untuk cara kerja chlorpheniramine ini yaitu untuk menghambat kerja histamin atau senyawa yang dapat memicu terjadinya alergi. Obat ini sendiri tergolong obat bebas terbatas yang mana bisa dipesan tanpa membutuhkan resep dokter.

Beberapa merk obat yang disebutkan di atas adalah yang efektif untuk bisa kamu pilih jika ingin mencari obat batuk kering.

Related articles: