Arti Palpitation: Penyebab dan Cara Menanganinya

Pernahkah Anda mengalami sensasi jantung berdegup kencang? Umumnya perasaan atau sensasi tersebut muncul ketika Anda merasa cemas atau khawatir. Kondisi ini dalam dunia kesehatan disebut sebagai palpitasi atau palpitation.

Arti palpitation dalam kesehatan kerap dikaitkan dengan kondisi jantung yang berdegup tidak seperti biasanya. Lalu apa saja yang menyebabkan seseorang mengalami palpitation? Dan bagaimana cara mengatasi palpitation? Simak informasi lengkapnya dalam artikel ini.

Apa Itu Palpitation?

Arti Palpitation Dalam Kesehatan
Arti Palpitation Dalam Kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa palpitation dapat diartikan sebagai kondisi dimana jantung Anda akan berdegup dengan cepat dan kencang dan tidak seperti pada umumnya. Kondisi ini dapat Anda rasakan pada bagian dada, hingga area tenggorokan atau leher, dan bisa Anda rasakan baik saat beraktivitas maupun sedang beristirahat.

Palpitation dapat terjadi pada siapa saja tak peduli pada orang dewasa maupun anak-anak. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal misalnya karena kecemasan, pengaruh obat-obatan maupun gejala dari suatu penyakit.

Penyebab Palpitation

Setelah Anda mengetahui arti palpitation dalam kesehatan, Anda mungkin juga penasaran apa yang menyebabkan kondisi jantung berdebar ini? Berikut ini beberapa penyebab terjadinya palpitation.

1. Psikologis

Palpitation dapat disebabkan karena adanya faktor psikologis yang mungkin sedang Anda rasakan. Misalnya saja Anda sedang merasa cemas, takut, stres ataupun yang lainnya yang dapat membuat palpitation muncul.

2. Gaya Hidup

Gaya hidup juga bisa menjadi penyebab seringnya terjadi palpitation. Gaya hidup seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol dan berkafein, terlalu banyak konsumsi makanan berat, konsumsi makanan tinggi akan kandungan MSG, nitrat, dan natrium yang terlalu sering dan yang lainnya dapat meningkatkan risiko terjadinya palpitation.

3. Obat

Obat Obatan Salah Satu Penyebab Terjadinya Platation
Obat Obatan Salah Satu Penyebab Terjadinya Platation

Jantung berdebar atau palpitation juga menjadi salah satu efek samping penggunaan obat. Beberapa obat yang dapat menimbulkan efek palpitation adalah obat-obatan yang mengandung pseudoephedrine, obat asma, obat antihipertensi, obat antibiotik, obat antidepresan dan yang lainnya.

4. Kondisi Kesehatan

Palpitation juga bisa menjadi salah satu ciri adanya suatu penyakit atau mengindikasikan kondisi kesehatan Anda. Beberapa kondisi kesehatan yang dapat menimbulkan palpitation diantaranya dehidrasi, anemia, hipotensi, kadar gula darah rendah, penyakit hipertiroid, dan penyakit jantung.

Cara Mengatasi Palpitation

Palpitation umumnya dapat dikendalikan, oleh karena itu Anda perlu mengetahui beberapa cara mengatasi palpitation sebagai berikut.

1. Gaya Hidup Sehat

Palpitation yang terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat bisa Anda atasi dengan cara merubah gaya hidup Anda. Misalkan dengan mengurangi konsumsi kafein, mengurangi makanan yang banyak mengandung MSG, nitrat, dan natrium, kurangi merokok, dan yang lainnya.

2. Lakukan Relaksasi

Cara lainnya untuk mengatasi palpitation adalah dengan melakukan teknik relaksasi. Cara ini cocok Anda gunakan untuk mengatasi palpitation yang disebabkan karena faktor psikologis. Anda dapat menenangkan diri Anda sehingga palpitation dapat hilang.

Cara melakukan teknik relaksasi adalah duduk bersila, lalu secara perlahan ambil napas melalui hidung dan menghembuskannya melalui mulut. Anda bisa mengulangi sampai 5 kali dan fokuskan pikiran Anda pada tarikan serta embusan napas Anda.

3. Hindari Stimulan

Jika Anda mengalami palpitation karena pengaruh obat-obatan maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Jika obat tersebut wajib untuk Anda konsumsi maka kemungkinan dokter akan mengurangi dosisnya atau mengganti dengan jenis obat lainnya. Dan jika Anda sering mengalami palpitation dan tidak mengetahui dengan jelas penyebabnya, maka disarankan Anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Karena jika palpitation sering terjadi, tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Related articles: