Biaya Operasi Mata Juling dengan BPJS dan Persyaratannya

biaya operasi mata juling dengan BPJS

Berapa biaya operasi mata juling dengan BPJS Kesehatan? Apakah seluruh biayanya bisa ditanggung oleh JKN-KIS? Nah, bagi Anda yang ingin menjalani tindakan operasi mata juling, sebaiknya ketahui informasi yang dapat membantu di bawah ini.

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang tidak kalah penting dengan organ tubuh lain. Ketika seseorang sudah mengalami masalah gangguan penglihatan atau mata malas akibat mata juling, maka perlu segera ditangani dengan tindakan operasi.

Mengingat biaya operasi mata juling tidak murah, sehingga tak kunjung diobati. Padahal jika dibiarkan saja, mata juling dapat menyebabkan penglihatan kabur. Lalu, berapa biaya operasi mata juling dengan BPJS? Apakah gratis? Berikut informasinya.

Sekilas Tentang Mata Juling

Biaya Operasi Mata Juling 1
Biaya Operasi Mata Juling 1

Mata Juling atau strabismus adalah kondisi ketika posisi antara kedua mata tidak sejajar dan melihat ke arah yang berbeda. Pada kondisi ini, salah satu mata fokus melihat ke arah tertentu, sementara mata lainnya melihat ke arah yang berbeda. 

Strabismus biasanya banyak ditemukan pada anak-anak, kondisi ini bisa terjadi sejak lahir atau saat masa kanak-kanak. Sementara itu, tidak sedikit kasus mata juling juga ditemukan pada usia dewasa yang dapat disebabkan oleh penyakit tertentu.

Untuk mengatasi mata juling, dokter biasanya akan melakukan langkah pengobatan sesuai dengan penyebab dan tingkat keparahannya. Jenis pengobatan yang bisa dilakukan yakni dengan penggunaan kacamata khusus atau melalui suatu tindakan operasi.

Penyebab Kondisi Mata Juling

Penyebab mata juling memang belum diketahui pasti, namun kondisi ini bisa terjadi pada bayi, balita dan anak-anak, beberapa diantaranya muncul pada saat dewasa. Adapun faktor yang dapat meningkatkan risiko mata juling sebagai berikut: 

  1. Menderita lumpuh otak (cerebral palsy)
  2. Menderita kelainan genetik, seperti sindrom down
  3. Menderita rabun jauh atau rabun dekat
  4. Memiliki keluarga menderita mata juling
  5. Menderita kanker mata retinoblastoma
  6. Cedera pada mata atau kepala
  7. Menderita penyakit Graves

Biaya Operasi Mata Juling Pakai BPJS

Jika Anda atau anggota keluarga ada yang mengalami kondisi mata juling dan kesulitan melihat, maka bisa periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Saat Anda hendak memeriksakan ke dokter pastikan membawa kartu BPJS atau JKN-KIS.

Pada dasarnya biaya operasi mata juling dengan BPJS bisa ditanggung seluruhnya oleh pemerintah melalui program Jaminan Kesehatan Nasional, biaya yang di cover BPJS mulai dari pemeriksaan hingga tahap operasi, juga termasuk biaya obat-obatan.

Itulah keuntungan terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan atau JKN-KIS, dimana setiap masyarakat berhak mendapatkan perlindungan dan jaminan kesehatan. Dengan demikian, biaya operasi mata juling pun bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Syarat Operasi Mata Juling Pakai BPJS

Agar dapat menerima manfaat dari kepesertaan BPJS Kesehatan, khususnya untuk menjalani operasi mata juling agar seluruh biaya ditanggung BPJS. Pasien harus memenuhi semua persyaratan yang berlaku, yaitu diantaranya sebagai berikut: 

  1. Memiliki kartu BPJS atau JKN-KIS masih aktif
  2. Tidak memiliki tunggakan iuran BPJS Kesehatan
  3. Surat rujukan dari faskes tingkat I (Puskesmas atau Klinik)
  4. Kartu pasien didapat dari rumah sakit rujukan
  5. Mendapat jadwal operasi ditentukan dokter spesialis

Demikian informasi tentang syarat dan biaya operasi mata juling dengan BPJS, seluruh biaya pengobatan bisa ditanggung oleh pemerintah melalui program JKN-KIS, apabila pasien memenuhi persyaratan dan mengikuti prosedur yang berlaku.

Jika ada pertanyaan terkait dengan prosedur berobat menggunakan BPJS Kesehatan, maka bisa menanyakan langsung ke pihak atau petugas terkait di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Semoga informasinya pembantu dan bermanfaat.