Biaya Operasi Gigi Bungsu dengan BPJS dan Prosedurnya

biaya operasi gigi bungsu dengan BPJS

Impaksi gigi bungsu menyebabkan rasa nyeri di sekitar geraham dan bengkak pada gusi, kondisi ini tentunya sangat mengganggu aktivitas sehingga perlu tindakan pencabutan gigi. Lantas, berapa biaya operasi gigi bungsu dengan BPJS Kesehatan?

Biaya pencabutan dan perawatan gigi memang tidak murah, sehingga kebanyakan orang memilih mengabaikannya. Padahal kesehatan gigi penting untuk dijaga, agar tidak mengalami kerusakan lebih parah dan menyiksa akibat rasa nyeri yang ditimbulkan.

Jika Anda mengalami masalah impaksi gigi bungsu, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter agar mendapatkan tindakan lebih lanjut berupa operasi pencabutan gigi bungsu. Apakah operasi gigi bungsu bisa menggunakan BPJS Kesehatan?

Pencabutan Gigi Bungsu Pakai BPJS

Sebenarnya masyarakat bisa memanfaatkan kartu BPJS Kesehatan untuk perawatan atau pencabutan gigi. Namun, masih banyak yang belum mengetahui apakah biaya operasi gigi bungsu dengan BPJS ditanggung sepenuhnya atau tidak?

Menurut peraturan BPJS Kesehatan No 1 Tahun 2014 Pasal 52 Ayat 1, adapun daftar pelayanan gigi yang bisa ditanggung BPJS salah satunya adalah layanan pencabutan gigi. Artinya, layanan ini juga berlaku untuk tindakan operasi pencabutan gigi bungsu.

Bagi yang memiliki gigi bungsu dan menimbulkan rasa nyeri atau gusi bengkak sehingga mengganggu aktivitas pekerjaan, Anda bisa periksakan ke puskesmas atau klinik, lalu membuat surat rujukan untuk operasi gigi bungsu dengan BPJS Kesehatan. 

biaya operasi gigi bungsu dengan BPJS

Biaya Operasi Gigi Bungsu Pakai BPJS

Adapun biaya operasi gigi bungsu dengan BPJS Kesehatan ditanggung oleh pemerintah lewat program JKN-KIS, mulai dari biaya pendaftaran, pemeriksaan, pencabutan gigi, pengobatan dan biaya lainnya selama perawatan atau pelayanan kesehatan pasien.

Meskipun biaya operasi gigi bungsu bisa ditanggung BPJS Kesehatan, namun ada atau tidaknya biaya tambahan yang perlu dibayarkan selama perawatan tergantung kebutuhan. Misalnya jika obat kosong, maka harus membeli di apotek pakai uang pribadi.

Dengan BPJS Kesehatan, masyarakat bisa segera memeriksakan dan menjalani pencabutan gigi tanpa perlu khawatir soal biaya. Semua layanan perawatan gigi ditanggung oleh BPJS, Anda hanya perlu mengikuti prosedur yang sudah ditentukan.

Prosedur Operasi Gigi Bungsu Pakai BPJS

BPJS Kesehatan bisa menanggung seluruh biaya operasi gigi bungsu selama pasien mengikuti prosedur. Adapun prosedur pakai kartu BPJS atau JKN-KIS pencabutan gigi sebagai berikut: 

  1. Pastikan sudah terdaftar peserta BPJS Kesehatan dan memiliki kartu JKN-KIS masih aktif
  2. Pasien melakukan pemeriksaan di faskes tingkat pertama (puskesmas atau klinik)
  3. Jika dari hasil pemeriksaan perlu dirujuk ke rumah sakit, pasien membuat surat rujukan
  4. Dokter di faskes tingkat pertama akan membuatkan surat rujukan yang diperlukan
  5. Pasien mendaftar di rumah sakit dan menjalani operasi sesuai jadwal yang ditentukan

Demikian informasi tentang biaya operasi gigi bungsu dengan BPJS Kesehatan, serta prosedur yang harus diikuti agar seluruh biaya bisa ditanggung BPJS. Jika ada pertanyaan, silahkan bisa hubungi pihak terkait untuk informasi lebih lengkapnya.