Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening BPJS dan Syaratnya

Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening Bpjs

Penting untuk mengetahui biaya operasi kelenjar getah bening BPJS, terutama bagi penderita yang ingin menghilangkan benjolan kelenjar getah bening dengan tindakan operasi. Jika tidak segera ditangani maka bisa berbahaya dan bahkan kanker.

Kelenjar getah bening memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Namun sayangnya, kelenjar ini rentan terhadap penyakit. Kelenjar getah bening dapat mengalami pembengkakan akibat kerusakan sel limfosit.

Limfosit merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berperan untuk melindungi manusia dari berbagai penyakit. Ketika sel limfosit berkembang tidak terkendali dan menumpuk di kelenjar getah bening, maka timbul pembengkakan atau benjolan.

Nah, jika Anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, maka bisa menjalani operasi sesuai prosedur dan rujukan dari dokter. Lantas, berapa biaya operasi kelenjar getah bening BPJS? Apakah biayanya bisa ditanggung BPJS? Berikut informasinya.

Apa itu Kelenjar Getah Bening?

Kelenjar getah bening adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi untuk melawan infeksi akibat virus, kuman, bakteri dan parasit. Ketika tubuh mengalami infeksi, maka kelenjar getah bening akan membengkak yang dapat disertai dengan nyeri.

Kelenjar Getah Bening Pada Sistem Limfatik
Kelenjar Getah Bening Pada Sistem Limfatik

Kelenjar getah bening tersebar di beberapa bagian tubuh seperti ketiak, leher, belakang telinga, dagu, belakang kepala, dan pangkal paha. Bentuk kelenjar getah bening menyerupai seperti kacang merah, namun bisa juga berukuran sebesar buah zaitun.

Penyebab Penyakit Kelenjar Getah Bening

Ada beberapa penyebab terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening, salah satunya adalah infeksi virus atau baktersi seperti pilek, kondisi ini relatif mudah diobati. Adapun penyebab lainnya yang bisa menjadi tanda penyakit berbahaya, yaitu:

  1. Penyakit autoimun, seperti rheumatoid arthritis atau lupus
  2. Penyakit kanker, seperti limfoma dan leukemia (kanker darah)
  3. Infeksi akibat streptococcus, tuberkulosis, mononukleosis

Pembengkakan kelenjar getah bening dapat menimbulkan keluhan seperti demam, sakit tenggorokan, batuk, dan hidung berair. Jika kondisinya parah, maka bisa menjalani tindakan operasi. Lalu, berapa biaya operasi kelenjar getah bening?

Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening BPJS

Adapun biaya operasi kelenjar getah bening tergantung dari kebijakan masing-masing rumah sakit. Jika dilakukan secara mandiri, biaya operasinya sekitar Rp 6.000.000 – Rp 20.000.000. Biaya ini kemungkinan belum termasuk biaya pasca operasi.

Jika ingin mendapatkan keringanan atau pembebasan biaya operasi, maka bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan atau JKN-KIS. Seluruh biaya mulai dari pemeriksaan, tindakan operasi hingga pasca operasi bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Meskipun biaya operasi kelenjar getah bening BPJS gratis, namun pasien harus memenuhi syarat dan prosedur yang berlaku. Dengan demikian, pasien dapat pembebasan biaya operasi sehingga bisa fokus pada penyembuhan penyakit yang diderita.

Syarat Operasi Kelenjar Getah Bening BPJS

Agar seluruh biaya operasi ditanggung oleh BPJS Kesehatan, pasien harus mempersiapkan beberapa persyaratan seperti sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, kartu BPJS atau JKN-KIS masih aktif dan tidak menunggak iuran setiap bulannya. 

Selain itu, pasien juga harus menjalani pemeriksaan di faskes tingkat pertama seperti puskesmas atau klinik, kemudian memiliki surat rujukan dari dokter di faskes tingkat pertama untuk diberikan ke faskes tingkat lanjutan, yaitu dalam hal ini rumah sakit. 

Setelah itu, dokter spesialis di rumah sakit akan kembali memeriksa kondisi pasien. Jika membutuhkan tindakan operasi, maka dokter akan membuat jadwal operasi. Pastikan sudah memiliki kartu pasien yang didapatkan dari rumah sakit.

Demikian informasi dari tim Depkes.org mengenai biaya operasi kelenjar getah bening BPJS Kesehatan dan syarat yang harus dipenuhi, terpenting untuk mendapatkan pembebasan biaya operasi ikuti prosedur yang berlaku sehingga seluruh biaya ditanggung BPJS.

Related articles: