Biaya Operasi Polip Hidung BPJS dan Syaratnya

Biaya Operasi Polip Hidung Bpjs

Berapa biaya operasi polip hidung BPJS? Apakah seluruh biaya operasi ini bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan? Hal ini yang sering menjadi pertanyaan, mengingat prosedur operasi untuk mengangkat polip dari lapisan saluran hidung tidaklah murah. 

Jika polip hidung tidak segera ditangani, maka bisa menimbulkan gangguan pernafasan dan organ lain karena polip yang bertumbuh dapat menutup saluran pernafasan sehingga dapat menyebabkan penderita mengalami kesulitan bernafas.

Bagi penderita yang ingin menjalani tindakan operasi, penting untuk mengetahui besaran biaya operasi polip hidung BPJS. Bertujuan agar penyakit polip ini tidak semakin parah yang dapat mengganggu sistem pernapasan dan indra penciuman. 

Sekilas Tentang Polip Hidung

Polip hidung adalah tumbuhnya jaringan lunak berbentuk seperti buah anggur kecil di bagian dalam saluran hidung. Polip berukuran kecil mungkin tidak bergejala, jika sudah berukuran besar sangat beresiko dapat menyumbat saluran pernafasan.

Sebenarnya polip hidung dapat ditangani dengan mengkonsumsi obat-obatan. Namun, jika polip tidak kunjung menyusut dan malah semakin membesar, maka tindakan operasi menjadi solusi untuk menangani kondisi ini agar cepat sembuh.

Prosedur operasi polip hidung dilakukan melalui lubang hidung, tidak dengan melakukan tindakan pembedahan pada bagian hidung atau area wajah untuk mengangkat polip dari lapisan saluran hidung. Dengan cara ini, polip dapat disembuhkan.

Kenali Penyebab Polip Hidung

Penyebab polip hidung dapat terjadi karena peradangan atau iritasi pada lapisan saluran hidung, Polip terbentuk saat selaput lendir di saluran hidung atau sinus mengalami peradangan. Meskipun penyebab tumbuhnya polip belum diketahui pasti.

Beberapa kondisi yang dapat memicu peradangan di saluran hidung, yaitu alergi, sensitif terhadap obat tertentu, rhinitis, dan penyakit saluran pernapasan atau asma. Jika masih berukuran kecil mungkin tidak akan menimbulkan gejala signifikan.

Gejala polip hidung yang biasanya terjadi meliputi hidung mampet terus menerus, lendir hidung mengalir ke tenggorokan, hidung berair, kemampuan indera penciuman menurun, sakit gigi pada bagian atas, sering mimisan, sakit kepala dan sebagainya.

Biaya Operasi Polip Hidung Pakai BPJS

Jika kondisi polip hidung semakin membesar, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Jika dari hasil pemeriksaan mengharuskan menjalani tindakan operasi, maka bisa gunakan kartu BPJS Kesehatan atau JKN-KIS.

Mengapa demikian? Karena biaya operasi polip hidung tidak murah, biaya operasi ini berkisar mulai dari Rp 3.000.000 sampai dengan Rp 12.000.000. Biaya ini belum termasuk obat-obatan, konsultasi dokter spesialis dan biaya kamar rawat jika diperlukan.

Maka dari itu, untuk menjalani operasi polip hidung di rumah sakit. Anda bisa memanfaatkan BPJS Kesehatan. Dengan begitu, biaya operasi polip hidung BPJS ditanggung seluruhnya oleh pemerintah melalui program jaminan kesehatan nasional.

Syarat Operasi Polip Hidung Pakai BPJS

Meskipun biaya operasi polip hidung dengan BPJS Kesehatan gratis, namun harus mengikuti prosedur pengobatan dan memenuhi syarat yang berlaku. Hal ini sebagai bentuk upaya agar tertib administrasi bahwa pasien tercatat sebagai peserta BPJS.

Adapun syarat yang harus dipersiapkan adalah kartu BPJS atau JKN-KIS yang masih aktif dan tidak menunggak iuran, surat rujukan dari faskes tingkat pertama dalam hal ini puskesmas atau klinik, serta  kartu pasien yang didapatkan dari rumah sakit rujukan.

Jika telah memenuhi syarat yang ditentukan, pasien bisa menjalani operasi polip hidung di rumah sakit rujukan sesuai jadwal. Biaya operasi polip hidung BPJS Kesehatan sepenuhnya gratis sehingga pasien bisa fokus pada kesembuhan penyakitnya.

Related articles: