Biaya Operasi Tumor Otak BPJS dan Persyaratannya

biaya operasi tumor otak BPJS

Penyakit tumor otak memang membutuhkan penanganan serius, penyakit yang menyerang sistem saraf pada otak ini sangat berbahaya sehingga perlu tindakan operasi. Lantas, berapa biaya operasi tumor otak BPJS? Apakah bayar atau gratis?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang biaya operasi tumor otak, perlu diketahui penyakit berbahaya ini tidak bisa dianggap sepele. Tumor otak memiliki tingkat keganasan dan kematian cukup tinggi sehingga perlu segera mendapat penanganan.

Jika hendak menjalani operasi tumor otak namun terkendala dengan biaya, maka bisa menggunakan BPJS atau JKN-KIS. Biaya operasi tumor otak BPJS bisa ditanggung seluruhnya oleh pemerintah, benarkah demikian? Berikut informasi selengkapnya.

Sekilas Tentang Tumor Otak

Tumor otak adalah benjolan yang tumbuh pada otak timbul akibat jaringan abnormal yang berasal dari jaringan otak itu sendiri, atau bisa berasal dari kanker di organ lain yang menyebar ke otak. Tumor ini bisa bersifat jinak atau ganas tergantung jenisnya.

Seiring berkembangnya tumor otak, bisa memunculkan gejala seperti sakit kepala, lemah otot atau kejang. Jika tidak segera ditangani dengan tindakan operasi, Tumor otak dapat mengakibatkan hilangnya sebagian atau bahkan seluruh fungsi otak.

Penderita tumor otak, baik tumor jinak maupun ganas, dapat melakukan pengobatan dengan metode kemoterapi, radioterapi, atau dengan tindakan operasi. Setelah pengobatan, pasien dapat menjalani fisioterapi untuk mempercepat proses pemulihan. 

Penyebab Tumor Otak

Adapun faktor penyebab utama munculnya tumor otak adalah terjadi penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh, terjadi penumpukan toksin atau racun di otak, mutasi genetik sel-sel jaringan otak, hiperplasia atau sel tumbuh tidak terbatas dalam otak.

Penyebab terjadinya perubahan genetik sel-sel jaringan otak ini masih belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit tumor otak, yakni faktor usia, faktor keturunan, atau pernah menjalani radioterapi. 

Setelah mengetahui penyebab tumor otak, selanjutnya ketahui biaya operasi tumor ini apabila menggunakan kartu BPJS Kesehatan atau JKN-KIS, apakah seluruh biayanya bisa ditanggung atau tidak? Yuk, simak informasi jelasnya dibawah ini!

Biaya Operasi Tumor Otak Pakai BPJS

Perkiraan Biaya Operasi Tumor Otak Dengan Bpjs
Perkiraan Biaya Operasi Tumor Otak Dengan Bpjs

Sebenarnya biaya operasi tumor otak berbeda-beda tiap rumah sakit, jika dilakukan secara mandiri, biaya operasi yang harus dikeluarkan memang tidak murah, berkisar antara Rp 15.000.000 hingga Rp 100.000.000. Maka dari itu, sebagai solusi pasien bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan atau kartu JKN-KIS.

Adapun biaya operasi tumor otak BPJS Kesehatan adalah gratis, BPJS akan menanggung seluruh biaya operasi sehingga pasien tidak perlu membayar biaya apapun. Namun, pasien harus memenuhi syarat dan mengikuti prosedur pengobatan yang berlaku.

Pasien cukup melengkapi administrasi yang diperlukan untuk menjalani tindakan operasi, dengan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan agar bisa mendapatkan pembebasan biaya operasi. Lalu, apa saja syarat yang harus dipersiapkan oleh pasien?

Syarat Operasi Tumor Otak Pakai BPJS

Untuk mendapatkan manfaat dari keikutsertaan BPJS Kesehatan, dimana seluruh biaya operasi tumor otak bisa ditanggung oleh BPJS atau JKN-KIS. Pasien harus menyiapkan persyaratan yang telah ditentukan, yaitu diantaranya sebagai berikut: 

  1. Siapkan kartu BPJS atau JKN-KIS masih aktif
  2. Pastikan tidak menunggak iuran BPJS Kesehatan
  3. Surat rujukan dari faskes tingkat I (Puskesmas atau Klinik)
  4. Kartu pasien didapatkan dari rumah sakit rujukan
  5. Jadwal operasi dari dokter spesialis di rumah sakit

Jika telah memenuhi syarat yang berlaku, selanjutnya pasien mengikuti prosedur untuk melakukan pengobatan atau tindakan operasi di rumah sakit rujukan. Biaya operasi tumor otak BPJS seluruhnya ditanggung oleh pemerintah melalui program JKN-KIS.